Kiat-kiat sukses agar Anak suka sayuran

Sayuran adalah salah satu menu yang ada di dalam makanan 4 sehat 5 sempurna. Namun yang menjadi kendala adalah sayuran ini juga tidak semua anak menyukainya. Ada yang suka ada juga ga tidak suka dengan sayur. Dan hal ini membuat orang tua merasa khawatir akan kecukupan Gizi dan serat pada anaknya.
Kiat-kiat sukses agar Anak suka sayuran

Untuk menanggulangi anak yang tidak mau atau susah makan sayuran, tentu peran orang tua menjadi poit penting.

Dibawah ini ada beberapa tips untuk orang tua untuk membuat anaknya suka dan tertarik untuk makan sayuran.

1. Biarkan anak melihat kita melihat makan sayuran, contohnya saat acara makan bersama tunjukkan minat orang tua terhadap sayuran. Ini sangat efektif karena anak cenderung akan meniru apa yang orang tuanya lakukan. Dan ini juga akan memberikan efek penasaran dengan apa yang orang tua makan.

2. Mix dengan makanan kesukaan anak. Untuk hal ini tambahkan sayuran ke dalam makanan favorit anak Anda. Misalnya anak Anda sangat menyukai nasi goreng, maka tambahkan sayuran pada nasi goreng tersebut.

3. Libatkan anak untk mendapatkan sayuran. Misalnya saja ajak anak untuk berbelanja sayuran ke swalayan atau ajak untuk memetik sendiri sayuran. Biarkan anak untuk memilih sayuran yang ia mau,biasanya hal demikian akan memudahkan anak untuk memakan sayur karena ia yang telah memilih apa yang akan dimakannya.

4. Campurkan kaldu pada sayuran agar dirasakan lebih gurih oleh anak.

5. Sekali-kali berikan motivasi melalui bacaan cerita atau dongeng yang mengisahkan tentang manfaat sayuran.

6. Libatkan anak saat memasak sayuran. Dengan suasana yang menyenangkan anak akan lebih bersemangat mencoba hal-hal yang baru di dapur, namun orang tua harus lebih mengawasinya agar tidak melakukan hal-hal yang membahayakannya selama di dapur.

7. Tetap bersabar jika anak tidak mau makan sayur, terus dicoba akan tetapi jangan memaksanya. Justru dengan semakin dipaksa, anak akan semakin menghindari sayur dan menjauhinya.

8. Variasi dalam memasak. Perlu disiasati pula dalam memasak sayuran agar anak tertarik untuk memakan sayuran. Misalnya Anda mencampurakannnya dengan telor dadar.

9. Kreatifitas menghiasi makanan anak dengan sayuran. Anda bisa membuat wajah di piring nasi goreng anak dengan mata dari kacang polong, rambut dari bayam, bibir dan hidung dari wortel, dan telinga dari bunga brokoli. Tentu hal ini akan menarik perahatian anak dan mereka terdorong untuk memakannya karena bentuknya yang lucu.

10. Jangan memaksa. Dalam memberi makan sayuran kepada anak pun tidak harus dengan memaksanya, karena hal tersebut justru akan membuat anak semakin trauma terhadapa sayuran itu sendiri.

mudah-mudahan 10 tips agar anak kita suka akan sayuran diatas bermanfaat untuk kita semuanya.

Silahkan share dan like postingan ini agar semua orang mengetahuinya.

Comments

Sedang Ramai

Kumpulan nama bayi perempuan islam berawalan Huruf F dengan artinya.

Tips Ringan dan Ampuh Mengatasi anak ngompol usia 5-9 tahun cewe dan cowo.

Nama bayi laki-laki Islam yang lahir dibulan Desember.