--> Skip to main content

Manfaat kulit buah pisang.

Ketika kita memakan buah pisang maka kulitnya pasti kita buang ke tempat sampah karena kurangnya pemahaman akan manfaat dari kulit pisang itu sendiri. Selain karena rasanya yang tidak enak di lidah, juga karena memang tidak banyak orang yang memanfaatkan kulit pisang untuk dimakan atau hal lainnya. Padahal dalam kulit pisang mengandung banyak nutrisi yang bagus, diantaranya :

  •     Potasium,
  •     Asam amino esensial,
  •     Serat,
  •     Lemak tak jenuh tunggal,
  •     Vitamin B6 dan B12,
  •     Zat besi,
  •     Fosfor,
  •     Magnesium,
  •     Mangan,
  •     Vitamin C,
  •     Vitamin E.


Dengan banyaknya kandungan nutrisi didalam kulit pisang ini tentu juga mempunyai manfaat yang tidak kalah banyak yang bisa kita manfaatkan. Dalam artikel kali ini kita akan bahas manfaat dari kulit buah pisang itu sendiri. Diantaranya :

1. Mengurangi radang dan gatal pada tubuh

Berdasarkan penelitian di Thailand, kulit pisang memiliki sifat anti inflamasi yang mengurangi reaksi dan gejala radang yang disebabkan oleh berbagai hal termasuk gigitan serangga.

Berbagai reaksi gatal yang disebabkan oleh alergi juga dapat disembuhkan secara ampuh oleh kulit pisang dengan cara menggosokkan kulit pisang pada kulit yang gatal.

2. Menurunkan kolesterol

Kulit pisang memiliki serat makanan yang cukup tinggi dan baik untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Bagi kamu yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi, kamu dapat rutin mengkonsumsi kulit pisang.

3. Mengatasi depresi

Kandungan potasium dan serat yang mudah larut pada kulit pisang dapat meningkatkan kadar serotonin dan memperbaiki suasana hati seseorang. Kulit pisang yang dijadikan makanan dan dikonsumsi dapat mengurangi rasa depresi dan memperbaiki mood kamu.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Kulit pisang mengandung senyawa triptofan yang tinggi dan dapat mengatasi gangguan tidur seperti insomnia. Kulit pisang dipercaya dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

5. Menurunkan berat badan

Kulit pisang mengandung vitamin C dan serat yang baik untuk menjaga berat badan tetap langsing dan stabil. Berat badan yang berlebihan dapat diturunkan dengan mengkonsumsi kulit pisang yang telah dijadikan makanan secara teratur.

6. Meningkatkan kesehatan penglihatan

Kulit pisang juga mengandung lutein yang bagus untuk melindungi penglihatan. Kulit pisang yang dijadikan makanan dapat mencegah katarak dan menjaga kesehatan mata. Untuk kamu yang ingin memiliki mata sehat, dapat membuat makanan dari kulit pisang serta mengkonsumsi secara teratur.

7. Melancarkan buang air besar

Bukan hanya buah pisang yang dapat melancarkan buang air besar, kulit pisang juga dapat memperlancar buang air besar. Kamu dapat mengolah kulit pisang menjadi makanan dan mengkonsumsi secara teratur untuk melancarkan saluran pencernaan kamu.

8. Meningkatkan sistem imun dalam tubuh

Kulit pisang dapat meningkatkan sistem imun dan jaringan dalam tubuh dengan cara mengolah kulit pisang menjadi makanan dan mengkonsumsinya. Kandungan berbagai vitamin dalam kulit pisang dijamin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

9. Menjaga kesehatan rambut

Kulit pisang dapat dijadikan masker rambut yang menjaga kesehatan rambut dan membuat rambut menjadi lebih lembut. Cara menggunakannya sangat mudah, hanya dengan menghancurkan kulit pisang dengan blender dan mengoleskan ke rambut sebelum keramas.

10. Meredakan sakit kepala dan migrain

Sakit kepala dan migrain adalah sakit yang dapat mengganggu aktivitas, kulit pisang dapat membantu untuk meredakan rasa nyeri ini. Kamu dapat menghancurkan atau menumbuk kulit pisang dan menempelkannya di dahi.

11. Menyembuhkan luka dan memar kulit

Luka dan memar kulit dapat diatasi dengan menggunakan kulit pisang. Kulit pisang yang digosokkan pada luka lalu dibersihkan, dapat menyembuhkan luka.

Kulit pisang yang ditempelkan pada memar semalaman, dapat menghilangkan memar kulit dan meredakan rasa nyeri dari memar.

12. Mencerahkan wajah

manfaat kulit pisang
manfaat kulit pisang untuk kesehatan


Kulit pisang juga sangat bermanfaat untuk mencerahkan wajah dan membantu untuk memutihkan wajah. Caranya sangat mudah, hanya dengan menggosokkan kulit pisang ke wajah saat akan tidur malam dan membilas wajah saat pagi hari.

13. Mengatasi jerawat

Kulit pisang mengandung vitamin B6, C, B, magnesium, dan zat besi yang sangat efektif untuk mengatasi jerawat. Kulit pisang juga mengandung antioksidan yang dapat menyerap minyak berlebihan pada wajah dan mencegah munculnya jerawat.

Cara menggunakannya sangat mudah, cukup dengan menggosokkan kulit pisang pada wajah yang berjerawat dan mendiamkannya selama 30 menit. Lalu, wajah dapat dibilas dengan air bersih.

14. Menjaga kesehatan gigi

Kulit pisang dapat menjaga kesehatan gigi dan memutihkan gigi yang kuning. Ini karena kulit pisang mengandung mangan dan magnesium yang dapat memutihkan gigi dan mencegah bakteri pada gigi secara efektif.

Cara menggunakannya sangat mudah, hanya dengan menggosokkan kulit pisang pada gigi sebelum kamu menggunakan pasta gigi. Ini dapat dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

15. Menghilangkan mata panda

Kulit pisang yang dicampur dengan lidah buaya dapat digunakan untuk menghilangkan mata panda. Kamu dapat mengoleskan dan mendiamkannya pada daerah sekitar mata selama 15 menit, lalu bilas dengan menggunakan air yang bersih.

16. Mengurangi kerutan pada wajah

Kulit pisang yang sudah ditumbuk dan dicampur dengan kuning telur dapat membantu untuk mengurangi kerutan pada wajah. Campuran ini dapat dioleskan pada wajah dan dibiarkan selama 5 menit, kemudian dibilas dengan air bersih.

17. Membentuk otot tubuh

Berdasarkan hasil penelitian, kulit pisang yang dikonsumsi secara teratur dapat membentuk otot tubuh. Selain itu, kulit pisang juga memberikan pengaruh pada metabolisme karbohidrat.

Banyak bukan manfaat dari kulit pisang? Mulai sekarang silahkan manfaatkan kulit pisang, daripada dibuang percuma.

Pencarian terkait : kulit pisang, kulit pisang mengandung vitamin, kulit pisang dapat diolah menjadi, kulit pisang untuk wajah, kulit pisang termasuk sampah, kulit pisang untuk pupuk, kulit pisang molen, kulit pisang bisa diolah menjadi, kulit pisang untuk pupuk anggrek, kulit pisang bermanfaat untuk.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar