Tulisan terbaru

12 cara sederhana untuk menarik rejeki. Tips kehidupan

Image
MAGNET MENARIK REZEKI
Dalam hidup kita tak selalu dihadapi dengan kebahagiaan, kadang kesusahan juga ikut menghiasi hidup kita. Bahkan dalam ayat ALLAH menyebutkan siapa yang meringankan kesusahan orang lain, maka ALLAH akan meringakan urusannya juga.
Dibawah ini adalah 12 cara sederhana tapi bisa sebagai pembuka rizki kita dimasa mendatang karena kebarokahannya.
Sederhana untuk dilakukan/amalkan sehari-hari, semoga bisa membantu membuka pintu rezeki.
1. Letakkanlah sedikit makanan kucing dan semangkuk air di luar rumah untuk kucing-kucing yang datang.
2. Sisihkanlah sedikit dari hasil gaji atau upah jerih payahmu, untuk di sumbangkan kepada anak yatim dan orang miskin.
3. Senantiasa sediakan uang kecil di dalam dompet untuk diberikan kepada yang memerlukan.
4. Letakkanlah di kamarmu sebuah kotak. Setiap kali kamu merasa melakukan dosa, masukkan uang kecil kedalamnya. Genap 1 bulan, buka kotak itu dan sedekahkan uang tersebut.
5. Jika kamu hadir dalam suatu acara (keluarga, kerabat atau sahab…

Tidur yang nyaman dan benar saat hamil besar.

Tidur yang benar saat hamil
SESAK NAFAS SAAT HAMIL

Sesak nafas saat hamil adalah salah satu keluhan yang paling sering dialami oleh ibu hamil selama masa kehamilannya. Keluhan semacam ini umumnya sering terjadi pada ibu hamil yang sudah memasuki usia kehamilan tua, meskipun beberapa ibu hamil muda pun ada yang mengalaminya. Keluhan ini sebetulnya bukan sebuah masalah serius. Hal serupa dialami hampir oleh sebagian besar ibu-ibu di dunia, terutama mereka yang masih menjalani kehamilan pertama. Sesak nafas saat hamil biasanya menyerang saat ibu tengah melakukan suatu aktivitas, sedang bersantai, bahkan ketika sedang tidur.

Penyebab Sesak Nafas saat Hamil 

Sesak nafas saat hamil disebabkan oleh berbagai faktor terkait kehamilan mulai dari kebutuhan oksigen yang meningkat selama hamil, meningkatnya hormon progesteron, serta karena tekanan rahim pada diafragma. 

1. Kebutuhan oksigen yang meningkat Perlu diketahui bahwa selama hamil, kebutuhan oksigen seseorang akan meningkat hingga 25%. Peningkatan tersebut disebabkan oleh kebutuhan tubuhnya akan oksigen yang bertambah seiring dengan pertumbuhan janin yang ada di dalam kandungan. Oksigen selain digunakan sebagai bahan dalam proses pencernaan makanan juga digunakan untuk metabolisme janin. 

2. Mengingkatnya hormon progesteron Hormon progesteron akan terus bertambah di dalam tubuh seorang ibu hamil seiring dengan usia kehamilannya. Pertambahan jumlah hormon progesteron membuat otak terangsang untuk memberikan perintah pada sistem pernafasan untuk bekerja lebih giat. Hormon ini pula yang menyebabkan seorang ibu hamil sering merasa stress. 

3. Tekanan rahim pada diafragma Sesak nafas saat hamil biasanya akan meningkat intensitasnya seiring dengan pertumbuhan janin. Janin yang terus membesar di dalam rahim akan terus menekan dinding diafragma dalam paru-paru sehingga volume oksigen yang dapat diolah akan semakin sedikit setiap kali seorang ibu hamil menarik nafas. 

Mengatasi Sesak Nafas saat Hamil 
Meski merupakan sesuatu yang normal, sesak nafas saat hamil tentu tetap saja sangat mengganggu keseharian ibu hamil, terutama ibu hamil yang masih tetap bekerja selama kehamilannya. Untuk ibu beberapa tips sudah kami siapkan terkait cara mengatasi sesak nafas saat hamil yang mungkin dapat dicoba berikut ini: 

1. Hindari Menggunakan Pakaian Ketat Untuk mengatasi masalah sesak nafas saat hamil, Anda sangat tidak dianjurkan untuk mengenakan pakaian-pakaian yang ketat, karena hal demikian dapat membuat kondisi sesak nafas Anda semakin parah. Selain itu, menggunakan pakaian ketat juga dapat meningkatkan suhu tubuh. Suhu tubuh yang meningkat memacu tubuh memproduksi hormon progesteron dalam jumlah yang banyak dan membuat Anda semakin merasa stres. 

2. Olahraga Rutin Beberapa olahraga seperti renang, jalan kaki, dan yoga dapat membantu melatih pernafasan Anda menjadi lebih baik. Olahraga-olahraga tersebut dapat memperbesar ruang paru sehingga jumlah oksigen yang dibutuhkan tubuh dapat tertampung sepenuhnya dalam satu kali tarikan nafas, sehingga Anda tidak perlu menarik nafas terlalu sering lagi. 

3. Duduk dalam Posisi Tegak Duduk dalam posisi tegak memberikan paru-paru Anda lebih banyak ruang untuk menampung oksigen yang Anda hirup. Dengan begitu, tarikan nafas yang awalnya terasa sesak perlahan kan mulai membaik dan teratur. 

4. Posisi Tidur Sesak nafas sering kali dijumpai seorang ibu hamil ketika beranjak tidur. Pada kondisi ini, ibu hamil disarankan untuk mengganjal kepalanya dengan beberapa bantal hingga posisi tidurnya agak miring (setengah duduk). Dengan begitu, ruang paru-paru tidak lagi terhimpit dan tertekan oleh janin seperti saat tidur terlentang. Selain mengganjal dengan bantal, sesak nafas saat tidur juga dapat diminimalkan dengan posisi tidur miring ke kiri, seperti sunah rosullulloh.

5. Hindari Makanan yang Terlalu Asam Makanan yang terlalu asam dapat meningkatkan jumlah asam lambung dan menyebabkan tubuh memproduksi progesteron dalam jumlah banyak. Kelebihan hormon ini akan merangsang otak memberikan perintah pada sistem pernafasan agar bekerja lebih giat, sehingga sesak nafas yang Anda derita akan semakin para kondisinya.

Comments

Popular posts from this blog

Nama bayi laki-laki Islam yang lahir dibulan Desember.

Kumpulan nama bayi Perempuan islami Modern berawalan A dengan artinya.

100 Nama Bayi Perempuan Yang Lahir Di Bulan Ramadhan

Tips Ringan dan Ampuh Mengatasi anak ngompol usia 5-9 tahun cewe dan cowo.

Kumpulan nama bayi perempuan islam berawalan Huruf F dengan artinya.

400 Nama Bayi laki-laki terbaik Yang Lahir Di Bulan Ramadhan

Pengalaman ketika anak tumbuh gigi

Nama-nama bayi terbaik yang lahir bulan februari (islami)

Ibu-ibu wajib baca! Stop menyusui sambil main gadget. Ini Bahayanya terhadap bayi kita.

Kumpulan nama bayi perempuan beserta artinya yang modern.