Skip to main content

Obat yang harus ada di dalam kotak obat dirumah. Yuk cek apa saja isinya.!

Obat yang harus ada di dalam kotak obat dirumah
KOTAK OBAT DIRUMAH
 

Kotak sakti andalan emak-emak
.
Siapa yg ga punya kotak obat dirumah? Hayyooo
Kalau udah berkembang biak, wajib banget yaahh punya si Kotak Sakti ini. Paling tidak, sebelum periksa ke dokter 👩‍⚕️👩‍⚕️, kita bisa pantau kondisi anak dengan "alat perang wajib" yg ada di dalam kotak ini.
.
Apa saja isinya?
simak bareng2 yuk, sambil di cek isi Kotak Sakti kita dirumah, dan di refill.
btw, ini kotak obat versi saya ya. bisa disesuaikan sesuai kebutuhan masing2.
.
1. TERMOMETER 🌡️
Alat ini wajib pake banget ada dirumah. Kalau anak tiba2 demam tengah malem, kan ga perlu bingung yaa, "ini suhu nya berapa?" "kasi obat ga ya?"
Termometer, adalah alat untuk mengukur suhu. Dalam hal ini suhu tubuh manusia. 
Termometer gimana yg wajib dimiliki? Bebas aja. tergantung kesanggupan kantongnya untuk beli. Tapi lebih disarankan termometer digital daripada termometer air raksa.
Kenapa? termometer digital, lebih mudah dibaca dan perawatannya pun mudah.
Harganya? murce aja ding! yg 15ribu pun ada kok di Apotek.
.
2. PARACETAMOL 
Paracetamol adalah salah satu obat yang masuk ke dalam golongan analgesik (pereda nyeri) dan antipiretik (penurun demam). Obat ini dipakai untuk meredakan rasa sakit ringan hingga menengah, serta menurunkan demam.
Kalau saya, selalu sedia Paracetamol 2 jenis dirumah. Yg tablet untuk dewasa, yg drop (tetes) untuk anak2. Saya selalu punya stok Paracetamol drop yg segel minimal 1 botol dirumah. Jika sewaktu2 perlu, bisa langsung digunakan.
🌷 Dosis Paracetamol : 10-15 mg per kg BB. 
* Paracetamol TABLET 500mg
Misal bb anak 7.8kg.
10-15mg x 7,8kg = 78-117mg (bulatkan menjadi 80mg)
Silahkan potong tablet dan gunakan timbangan untuk mengukur dosisnya.
* Paracetamol TABLET 250mg
Misal bb anak 7.8kg.
10-15mg x 7,8kg = 78-117mg (bulatkan menjadi 80mg)
Silahkan potong tablet dan gunakan timbangan untuk mengukur dosisnya.
*  Paracetamol SYRUP 120mg/5ml (misal Paracetamol generik, sanmol, ottopan dll)
Misal bb anak 7.8kg.
10-15mg x 7,8kg = 78-117mg (bulatkan menjadi 80mg)
80mg / 120mg x 5ml = 3.3ml
Silahkan gunakan sendok obat / gelas ukur obat yg tersedia.
*  Paracetamol SYRUP 160mg/5ml (misal Tempra, panadol dll)
Misal bb anak 7.8kg.
10-15mg x 7,8kg = 78-117mg (bulatkan menjadi 80mg)
80mg / 160mg x 5ml = 2,5ml
Silahkan gunakan sendok obat / gelas ukur obat yg tersedia.
*  Paracetamol SYRUP 250mg/5ml (misal Tempra forte, naprex dll)
Misal bb anak 7.8kg.
10-15mg x 7,8kg = 78-117mg (bulatkan menjadi 80mg)
80mg / 250mg x 5ml = 1,6ml
Silahkan gunakan sendok obat / gelas ukur obat yg tersedia.
*  Paracetamol DROP 100mg/1ml (semua merk)
Misal bb anak 7.8kg.
10-15mg x 7,8kg = 78-117mg (bulatkan menjadi 80mg)
80mg / 100mg x 1ml = 0,8ml
Silahkan gunakan pipet tetes yg tersedia.
🌷 Kapan Saat yg tepat diberi Paracetamol?
Kalo saya ga 100% liat suhu anak utk kasi parcet. Saya hanya kasi parcet saat anak benar2 rewel sama sekali ga bisa ditenangkan dgn cara apapun. Walau demam tinggi (pernah 39,3) ga saya kasi parcet kalo anaknya masih mau minum n ceria. Ga usah parno sama demam, demam itu kawan, bukan lawan. Tujuan utama obat Paracetamol bukan langsung "nembak" nurunin suhu, tapi lebih ke menyamankan, jadi suhu "diharapkan" turun bertahap. 
Baca ini yah
Seputar Pengobatan Demam : milissehat.web.id/?p=2253
Demam Pada Anak : Fever is Functional : milissehat.web.id/?p=621
Memahami Demam : milissehat.web.id/?p=2243
Bagaimana Merawat Anak Demam di Rumah? : milissehat.web.id/?p=2249
Berbagai Jenis Obat Demam : milissehat.web.id/?p=2245
Kejang Demam : milissehat.web.id/?p=51
.
3. ORALIT
Hayoo siapa yg ga tau oralit?
Oralit adalah cairan yang mengandung gula dan elektrolit. Kandungannya adalah natrium klorida, kalium klorida, glukosa anhidrat, dan natrium bikarbonat.
Oralit yg disarankan disini adalah oralit serbuk yg dijual di apotek, atau Oralit siap minum KHUSUS bayi.
Bolehkah menggunakan air larutan Gula dan Garam? Boleh jika sama sekali jauh dari akses kesehatan dan tidak ada oralit kemasan yg tersedia.
Oralit fungsinya mencegah dehidrasi. sangat penting memberikan oralit ke anak saat anak diare. 
.
4. PERLENGKAPAN PERAWATAN LUKA
Terdiri dari: gunting, perban, obat luka, cairan infus NaCl, plester luka
Siapa yg anaknya pernah luka? semua anak pasti pernah luka yaa, termasuk anak2 saya.
nah disini diperlukannya obat luka. sebelum diberikan obat luka, akan lebih baik jika luka dibersihkan dulu dengan cairan NaCl.
biasa pake apa sih?
bagi saya bebas aja yaa. gunakan yg umum saja seperti Betadine. 
kalau saya obat luka nya beda, sejenis minyak ramuan Cina gitu. ampuh, resep turunan dari ortu hahaha
.
5. OBAT DARURAT UNTUK PENYAKIT TERTENTU
Kalau bagian ini, tergantung kondisi keluarga masing2 ya. Kalau saya pribadi, karena saya ada riwayat Vertigo, jadi saya wajib stok Betahistine Mesilate di kotak obat.
.
6. LOTION CALAMINE
Lotion ini gunanya untuk mengurangi rasa tidak nyaman akibat ruam atau biang keringat.
.
7. TRANSPULMIN BB dan PURE KIDS INHALLANT
Bagian ini berguna buat menghangatkan dan menyamankan pernafasan anak saat sedang batuk pilek. jika mau stok obat ini, pastikan dulu yaa anaknya tidak alergi dengan komponen obatnya.
Transpulmin BB biasa saya oles di dada, perut dan punggung untuk menghangatkan. kalau Pure Kids inhallant biasa saya tetes di kerah baju untuk menyamankan pernafasan anak.
Saya engga pernah stok obat batuk pilek. karena umumnya batuk pilek disebabkan virus, cukup di jaga asupan cairan dan di observasi. lalu ditemukan pemicu batuk pileknya dan dihindari.
.
.
.
sedikit TIPS dari saya.
🌸 Jangan lupa cek berkala untuk expired date masing2 obat yaa. segera refill atau ganti baru jika sudah masuk masa expired.
🌸 untuk obat jenis sirup dan drop, saya menyimpan maksimal 1 bulan, maksimal 2 bulan walau ada literatur yg mengatakan aman sampai 6 bulan sejak kemasan obat dibuka. dengan catatan, obat tidak berubah rasa, bau dan bentuk. untuk itu, saat buka segel obat, selalu saya tulis TANGGAL BUKA OBAT di leher botol obatnya. jika obat belum dibuka, maka obat akan bertahan hingga masa expired yg tertulis di kemasan obat.
.
.
.
sudahkah sedia kotak obat dirumah?
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar