Skip to main content

Anak gondongan dikasi blau? Baca dulu fakta ilmiahnya..

Gondongan? Kasih "blau" aja!
.
Ada yang anaknya pernah kena #gondongan? Mungkin bahasa daerah Anda berbeda-beda untuk penyakit ini. Sakitnya ringan, tapi cukup membuat khawatir. Ada beberapa hal yang harus diketahui:
.
- Gondongan alias #mumps atau #parotitis, adalah infeksi di kelenjar air liur (parotis). Penyebabnya adalah #virus. Jadi mumps tentunya akan sembuh sendiri tanpa antibiotik.
Bedakan antara #kelenjar air liur dengan kelenjar getah bening, yang lokasinya di sekitar leher dan bawah rahang cukup banyak. Pada gondongan, pembesaran terutama di depan telinga sampai ujung rahang bawah, sehingga sudut rahang menghilang dan wajah terlihat asimetri dari depan.
.
- Gondongan berbeda dengan penyakit gondok ya! Ini sebutan yang digunakan di pulau Jawa. Entah apa sebutan untuk penyakit mumps di daerahmu? Kalau kelenjar gondok lain lagi lokasinya dan lebih bermacam-macam penyakitnya.
.
- Gondongan sangat mudah menular, terutama di antara anak-anak. Penyakit ini bisa dicegah dengan vaksin #MMR (campak, mumps, dan rubella), tapi sayang sekali sudah sekitar hampir 3 tahun terakhir vaksin ini belum tersedia lagi di Indonesia. Semoga available akhir tahun ini.
.
- Anak yang sakit gondongan disarankan tidak bersekolah atau berkumpul dengan anak anak lain sampai 5 hari sesudah sakitnya, karena masih menular. Jangan biarkan wabah tak kunjung berakhir. Anak yang sakit memang masih aktif dan jarang disertai demam, makanya tidak betah berdiam dI rumah. Tapi berpikirlah untuk orang lain.
.
- Komplikasi penyakit ini sangat jarang pada anak, seperti peradangan di buah zakar (testis) atau di indung telur, seperti pada dewasa. TapI berhati-hatilah jika sampai menular ke ayah-ibunya. 
.
- Trus obatnya apa? Nggak ada. Insya Allah sembuh sendiri. Nggak perlu dikasih "blau", antivirus, bla bla bla. Sing penting: sabarrr.
.
Selanjutnya silakan baca tentang mumps di cdc [dot] gov dan di kidshealth [dot] org bagi yang masih punya pertanyaan seputar penyakit ini.
.
Selamat belajar ya... 😊
#antivirusnggakperluuntukmumps

pengalaman teman tentang gondongan :
Gw pernah kena duluuuuuuu... Tapi ga dikasi blau sih kayanya ya sama emak gw

Dan gw ga mau keulang deh, jadi shaq gw kasi vaksin MMR, sean cuma dapet MR karena MMR udah ga masuk lagi, ga tau sekarang tapi pas sean umur 15bulan MMR ini ga masuk masuk dan pas ada program MR gratis gw ikutkan deh ni bocah bocah berdua. 

Semoga ke depannya makin banyak vaksin vaksin gratis.. so far selama jadi amak shaq dan sean, yg significant berasa pas Hib dan MR di jadikan vaksin gratis, mayan banget loh secara Hib dan MMR harganya di kisaran 300rebuan.. dan sekarang dibagiin gratis, mamak mana yg ga hepi ye kan..

Harapan gw, PCV, Varicella, rotavirus digratisin juga doooooong.. PCV noh ampun ampunan mihil bener , yg 11 constraints aja udha stgh juta lebih, yg 13 constrain sejuta sendiri.. untung bocah ada aja rejekiny buat dapet vaksin vaksin ini padahal kalo dipikir2 rasanya ga bakal sanggup bayarnya. 

Kek negara tetangga kan enak vaksin ginian di gratisin semua..

Back to blau, apa efeknya sih blau ama gondongan ini? Wkkwkw kalo dipikir2 sekarang garis ilmiahnya dimana yaks.. jadi inget tetangga gw dulu pipinya biru biru dikasi blau gara gar sakit ini 😂😂😂
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar