--> Skip to main content

Manfaat ikan kembung ternyata lebih bergizi dari ikan salmon.

Ikan kembung sudah lama dikenal oleh banyak orang dan selalu dijadikan lauk makan sehari-hari. Ikan kembung gampang ditemukan karena memang ikan yang asli dari perairan Indonesia dan mempunyai harga yang murah.

manfaat ikan kembung ternyata lebih banyak dari ikan salmon
Manfaat ikan kembung

Tapi tahukah anda ternyata Ikan Kembung juga mempunyai kandungan nutrisi yang tidak kalah dari Ikan Salmon. Diantara kandungan yang berada didalam ikan kembung adalah sebagai berikut :

  • Omega (omega3, omega6, omega9)Fosfor
  • Iodine
  • Selenium
  • Protein
  • Vitamin (Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12 dan Vitamin D).

perbandingan manfaat ikan kembung dan ikan salmon
perbandingan manfaat ikan kembung dan ikan salmon

 
Ikan kembung memiliki kandungan lemak yang sebagian besar merupakan asam lemak tak jenuh yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan serta dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini menjadikannya mudah di cerna dalam tubuh dan langsung digunakan oleh jaringan dalam tubuh. Sejumlah gizi ikan kembung di atas, memang berguna untuk kesehatan dan ibu hamil seperti berikut :

1. Mencegah Penyakit Jantung

Salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah resiko penyakit jantung adalah dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung  manfaat omega 3. Ikan kembung tidak hanya kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan polyunsaturated fatty acid, tetapi juga memiliki kandungan yang rendah lemak jenuh. Oleh karena itu makan ikan ini dapat membantu menurunkan risiko komplikasi jantung seperti stroke, aterosklerosis, serangan jantung dan aritmia.

2. Menurunkan resiko diabetes (kencing manis)

Manfaat ikan kembung mengandung lemak sehat yakni asam lemak tak jenuh tunggal yaitu (MUFA), memainkan peran untuk pencegahan serta mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes. Mengkonsumsi ikan ini secara teratur tidak hanya mengatur kadar gula darah dalam tubuh, tetapi juga menurunkan lemak visceral, sehingga menurunkan risiko diabetes.

3. Mengontrol tekanan darah

Saat seseorang non-vegetarian menderita hipertensi, mengkonsumsi ikan kembung setiap hari dapat membantu menjaga tingkat tekanan darah agar tetap stabil dan terkendali. Tingginya tingkat kalium yang terkandung dalam ikan ini membantu menjaga tekanan darah normal, selain itu juga mampu menurunkan risiko komplikasi kesehatan yang berhubungan dengan kondisi kekurangan kalium dalam tubuh.

4. Mengurangi gejala rheumatoid arthritis

Dalam manfaat ikan kembung terkandung senyawa yang bersifat anti-inflamasi yang dapat membantu dalam menurunkan nyeri sendi. Kekakuan otot ini sering terjadi pada orang yang menderita rheumatoid arthritis.

5. Meningkatkan fungsi kognitif

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi asam lemak omega-3 berada pada risiko yang lebih rendah untuk terkena depresi. Oleh karena itu, dengan menambahkan ikan kembung dalam menu harian, dapat membantu mengurangi perubahan suasana hati yang umum terjadi pada penderita depresi.

Selain itu juga ikan kembung dapat meningkatkan aktivitas obat antidepresan. Ikan kembung kaya akan DHA (Docosahexaenoic acid) yang dapat menurunkan kemungkinan resiko penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

6. Pengobatan kanker usus

Ikan kembung merupakan salah satu sumber alami yang mengandung sejumlah manfaat vitamin D yang diketahui, memiliki pengaruh pada tingkat kelangsungan hidup pada seseorang yang menderita kanker usus. Sebuah studi penelitian menunjukkan bahwa, pasien kanker usus dengan kadar vitamin D yang lebih tinggi memungkinkan untuk mereka tetap bertahan hidup. Di samping juga untuk selalu meningkatkan kondisi kesehatan mereka.

7. Mengurangi Resiko kanker payudara

Manfaat antioksidan dalam ikan kembung dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Asam lemak omega 3 dapat membantu mencegah kanker payudara, prostat, ginjal dan kanker usus besar. Beberapa studi telah menyimpulkan bahwa asam lemak esensial dalam ikan kembung dapat mengurangi risiko kanker payudara.

8. Mendukung imunitas

Kandungan anti inflamasi dalam asam lemak omega 3 dalam manfaat ikan salmon membantu untuk membentengi sistem kekebalan tubuh. Hal ini juga mendukung fungsi organ yang telah dilemahkan oleh virus penyakit, sehingga akan meningkatkan kapasitas tubuh untuk melawan infeksi. Ikan Kembung merupakan salah satu jenis makanan yang baik dikonsumsi bagi orang yang baru saja sembuh dari sakit atau bagi mereka yang menjalani perawatan medis.

9. Menurunkan kolesterol

Fakta telah menunjukkan bahwa kandungan omega 3 dalam manfata ikan kembung, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dengan menjaga kolesterol diserap dalam usus.

10. Menurunkan berat badan

Kandungan omega 3 dalam ikan kembung dipercaya mampu membantu menurunkan berat badan. Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan rutin minyak ikan kembung yang dikombinasikan dengan olahraga teratur  dapat menurunkan lemak dalam perut secara signifikan. Hal ini juga dapat membantu mengatur metabolisme tubuh, dan dapat membantu mengurangi gula darah pada orang yang kelebihan berat.

Jika dirasakan artikel ini bermanfaat silahkan share artikel ini di media sosial anda agar teman anda bisa mengetahui juga artikel ini.

sumber : manfaat.co.id
 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar