--> Skip to main content

Cara sukses jualan di Tokopedia.

Cara sukses jualan di Tokopedia.
Cara sukses jualan di Tokopedia.
 
Selamat pagi, tetap semangat buat seller dan member keluarga tokopedia. Hanya ingin berbagi pengalaman dan bukan bermaksud menggurui. Melihat akhir-akhir ini banyak seller yang mengeluh mengenai orderan yang sedikit, pandemi, ekonomi lesu dll. Lebih baik segera buka lewat google chrome di hp kamu, copy dan paste url dibawah ini

Strategi dagang saya selama 1.5 tahun ini, cuma dengan strategi riset market di wawasan pasar, di mp manapun. Dengan membuka wawasan pasar, kita tahu produk apa yang dibutuhkan buyer saat ini dan toko yang sedang leader di market. Beberapa tips mudah yang saya terapkan adalah 

1. Buntuti terus market leadernya dan cari produk sejenis seperti yang dijual mereka dan masukkan produk itu di toko kita. Bisa dengan merk yang berbeda atau kalau bisa sama merknya, lebih bagus lagi. 

2. Setelah tau produk yang sedang rame, cari tau juga, bagaimana kita bisa dapat harga yang lebih murah dari produsen. Harga yang kita dapat dari produsen tersebut, wajib lebih murah daripada harga kompetitor kita yang ada di tokopedia. 

3. Lihat toko yang jadi market leader tersebut, mulai judul dan deskripsi produknya. Selalu gunakan judul produk sesuai keyword sugestion yang tersedia di menu search tokopedia (terlampir di ss)

4. Gunakan budget iklan selalu dibawah 2% total omset bersihmu. Jangan terlalu napsu top up saldo topads, jika top up saldo yang kemaren, belum menghasilkan omset sesuai rumus diatas (tidak berlaku untuk toko baru)

5. Alogaritma pencarian dan ranking produk di tokopedia sangat dipengaruhi dengan ulasan, produk terjual, dan reputasi toko. Untuk toko baru, anggaran iklan topads untuk mengejar ketertinggalan dari kompetitor dari segi ini. Jadi usahakan bagaimana topads anda bisa menghasilkan closing setiap minggu minimal 4 pesanan. Terserah bagaimana strategi anda,  ikut power merchant, program gratis ongkir, atau dengan kasih selisih 100-1000 rupiah dari sang market leader jg masih sah-sah saja, selama keuntungan masih bisa nutupin biaya packing, topads dll. 

6. Judul produk dan deskripsi baru akan berfungsi dengan baik jika ulasan, produk terjual dan reputasi toko sudah bagus. Usahakan judul produk sespesifik mungkin dan sesuai dengan keyword sugestion yang ada di tokopedia. Untuk deskripsi silakan tulis kembali judul di awal dan akhir penjelasan deskripsi produk anda.

7. Foto produk yang menarik dan hasil foto sendiri. Percaya atau tidak, jualan online yang kita tawarkan pada calon buyer hanyalah sebuah foto. Produknya baru bisa mereka terima setelah mereka transaksi karena terpesona dengan foto produk kita.

8. Berdoa, bersedekah, dan kasih tip untuk kurir yang ngambil barang kita 🤭🤭🤭.

Bagi yang punya strategi lain silahkan tambahkan pada kolom komentar ya. Buat juragan, dan suhu-suhu disini mohon maaf sekali, ini bukan pamer. Tapi ini saya tulis hanya berbagi pengalaman saya, kepada para seller yang masih kesulitan closing dan boncos di topads. Kalau untuk para suhu disini, statistik saya cuman recehan saja 🙏🙏.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar