Skip to main content

Nama-Nama Wali Songo

Wali songo atau wali 9 adalah nama-nama tokoh islam yang penting dalam penyebaran agama islam di Indonesia, terutama di pulau Jawa. Walisongo memiliki peran penting sebagai penyebar agama Islam di tanah Jawa pada abad ke 14. Era Walisongo dimulai saat berakhirnya kerajaan Hindu-Budha untuk berganti pada kebudayaan Islam. Wali Songo tinggal di beberapa wilayah pentingi di pantai utara Pulau Jawa baik di Jawa Timur, Jawa Tengah atau Jawa Barat.

Nama-Nama Wali Songo
Nama-Nama Wali Songo

Sampai saat ini Wali Songo pun dikenang sebagai tokoh penting dan terkadang dikeramatkan pula. Makam Wali Songo pun masih banyak dikunjungi dan dijadikan wisata religi. Tiap tahun banyak yang melakukan ziarah wali songo dari berbagai penjuru Indonesia.

Sesuai namanya ada 9 tokoh yang termasuk dalam wali songo. Berikut ini merupakan urutan 9 nama-nama Wali Songo selengkapnya beserta nama asli Wali Songo yang ada di dalam kurung.

  1.     Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim)
  2.     Sunan Ampel (Raden Rahmat)
  3.     Sunan Bonang (Raden Makhdum Ibrahim)
  4.     Sunan Drajat (Raden Qasim)
  5.     Sunan Kudus (Ja’far Shadiq)
  6.     Sunan Giri (Raden Paku/Ainul Yaqin)
  7.     Sunan Kalijaga (Raden Said)
  8.     Sunan Muria (Raden Umar Said)
  9.     Sunan Gunung Jati (Syarif Hidayatullah)

Nama-nama wali juga berdasarkan tempat dimana dilakukan penyebaran agama islam. Dan lebih dikenal nama wali tempat daerahnya dibandingkan nama aslinya.

Tugas Wali Songo

 Era Walisongo ialah saat dimana dominasi Hindu-Budha telah berakhir dan digantikan dengan kebudayaan Islam. Perannya sangat besar dalam mendirikan Kerajaan Islam dan kebudayaan masyarakat di Jawa, mereka merupakan simbol penyebaran Islam di Indonesia.

Siapakah diantara Wali Songo yang mempunyai gelar wali al Ilmi?


Diantara wali songo, Sunan Kudus lah yang mendapat julukan sebagai wali al 'ilmi (orang yang luas ilmunya) dan karena keluasan ilmunya ia di datangi oleh banyak penuntut ilmu dari berbagai daerah di Nusantara.


Siapa yg mendapat julukan sesepuh para wali?

Meski bukan yang pertama menyebarkan Islam di Tanah Air, Sunan Ampel dianggap sesepuh oleh para wali lainnya.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar