--> Skip to main content

3 Rumah sakit rujukan pasien Corona yang harus diketahui oleh banyak orang.

Sejak diumumkannya 2 orang Indonesia yang terkena positif Virus Corona di daerah Depok, Jawa Barat. 2 orang tersebut adalah seorang ibu berusia 64 tahun di Depok dan putrinya yang berusia 31 tahun, usai kontak dengan seorang warga negara Jepang.

Awalnya karena ada ditemukan seorang warga negara jepang yang tinggal di Malaysia dan positif corona pernah tinggal di Indonesia. Berbekal informasi tersebut akhirnya ditelusuri saat di Indonesia tinggal dimana dan ketemua siapa, dan akhirnya ketemulah 2 orang tersebut diatas.

Kini, keduanya disebut tengah menjalani perawatan medis di bangsal isolasi RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, sebagai salah satu rumah sakit rujukan bagi penanganan pasien novel coronavirus. Presiden Jokowi memastikan penanganan rumah sakit untuk virus corona telah sesuai standar.

Presiden Jokowi juga menyebutkan bahwa "Persiapan rumah sakit lebih dari 100 dengan ruang isolasi dengan standar isolasi yang baik. Kita juga miliki peralatan yang memadai standar internasional. Kita juga miliki reagen yang cukup."

Namun, belum ada keterangan rinci terkait rumah sakit mana saja yang menjadi rujukan pasien virus corona di Indonesia. Tapi khusus wilayah Jakarta, ada tiga rumah sakit yang disiagakan pemerintah untuk menangani penularan wabah virus.

Menurut keterangan dari dr. R. Fera Ibrahim. MSc, SpM(K), Phd dari Departemen Mikrobiologi FKUI, beberapa rumah sakit yang dimaksud, seperti Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso, Rumah Sakit Gatot Soebroto, dan Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan.

Sebagai salah satu rumah sakit rujukan untuk penanganan pasien novel coronavirus, RSUP Persahabatan telah mempersiapkan 2 ruang isolasi ICU dan 4 ruang isolasi biasa. Hal itu disampaikan oleh dr. Prasenohadi, PhD, SpP(K), KIC, seorang dokter spesialis paru dan pernapasan yang juga menjabat sebagai Kepala Respiratory ICU dan Ruang Isolasi Pinere di RSUP Persahabatan.

Prosedur isolasi akan diberlakukan pada pasien yang telah terkonfirmasi positif terinfeksi novel coronavirus oleh hasil uji klinis laboratorium biomedis milik Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes).

Dalam setiap penanganan kasus wabah mematikan, prosedur isolasi merupakan tahap penting untuk mencegah pasien dapat menularkan virus kepada orang lain. Mereka yang suspect terkena novel coronavirus, akan ditempatkan di ruang isolasi dan diawasi secara khusus.

Sumber : kumparanSAINS
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar