--> Skip to main content

Ingin naik jabatan di tahun depan? Kenapa tidak. Inilah 10 softskill yang harus ditingkatkan dalam bekerja.

Akhir tahun tinggal 1 bulan lagi, artinya ditahun baru mendatang akan ada promosi kenaikan jabatan dan kenaikan gaji seperti biasa. Namun, untuk kenaikan jabatan atau golongan tentu akan ditentukan dari penilaian kerja personal dan kelakuan selama bekerja. Jadi walaupun hasil kerjanya bagus tapi kalau skill personalnya kurang bagus tentu menjadi hal yang diperhatikan dalam peninjauan naik jabatan atau golongan.

 

Dimasa mendatang akan banyak posisi pekerjaan yang akan digantikan oleh robot atau secara otomatis. Namun untuk hal-hal yang butuh pemikiran, analisa, kreativitas atau komunikasi tetap membutuhkan human atau skil manusia. Dan itu adalah hal memang tidak bisa digantikan oleh mesin.

 

Soft Skill ini wajib kita asah dan tingkatkan kemampuannya untuk bisa tetap bertahan dari perubahan jaman karena sistem otomatisasi, dan orang-orang yang mempunyai soft skill yang bagus akan tetap bertahan dan naik level di kemudian hari. Berikut soft skill yang paling relevan dan masih dibutuhkan dalam setiap pekerjaan:

 

1. Suka Belajar. Kemampuan untuk belajar terus menerus dan kemauan untuk beradaptasi dengan perubahan.

 

2. Kreativitas. Kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru, menerapkan solusi baru untuk masalah alamat yang ada.

 

3. Fokus. Memanfaatkan konsentrasi untuk membuat keputusan jangka pendek dan jangka panjang yang lebih baik.

 

4. Inovasi. Memperbaiki ide, konsep, proses, atau metode yang ada untuk mencapai hasil yang diinginkan.

 

5. Komunikasi. Kemampuan menafsirkan informasi meskipun berbicara, mendengarkan, dan mengamati.

 

6. Bercerita. Menyusun pemikiran dan poin data menjadi narasi yang komprehensif dan holistik.

 

7. Budaya sadar. Kemampuan untuk secara efektif berinteraksi, bekerja, dan mengembangkan hubungan yang bermakna dengan orang-orang dari berbagai latar belakang budaya dalam organisasi

 

8. Berpikir kritis. Analisis dan evaluasi objektif untuk membentuk penilaian terhadap suatu topik.

 

9. Kepemimpinan. Memberikan panduan dalam suatu organisasi

 

10. Kecerdasan emosional. Mempraktikkan kontrol, ekspresi, dan observasi hubungan interpersonal di antara orang-orang di tempat kerja.

 

Anda mempunyai mimpi untuk bisa naik level ditahun depan? Silahkan gali lebih banyak potensi soft skill anda dan naikan kemampuannya seiring perkembangan waktu.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar