--> Skip to main content

endscreen youtube itu sangat berguna untuk optimasi video dan menaikan jumlah viewers. Inilah cara paling benar untuk memasang endscreen video youtube.

Banyak sekali cara untuk optimasi video youtube kita agar penonton kembali menonton video-video kita salah satunya adalah dengan menggunakan fitur endscreen pada setiap akhir video kita.

Cara membuat endscree video youtube yang benar
Cara membuat endscree video youtube yang benar

Apa itu endscreen pada video youtube.


Endscreen atau layar akhir adalah cuplikan gambar thumbail video-video yang kita pasang di akhir video kita. Untuk saat ini hanya bisa menambahkan 4 element di akhir video kita dengan pilihan bisa semuanya berupa cuplikan thumbnail video  atau di campur dengan pilihan subscribe pada bagian endscreen tersebut.

Ada pilihan template endscreen yang bisa kita gunakan dan semuanya bisa kita drag posisinya sesuai dengan yang kita inginkan. Ada berbagai pilihan element endscreen yang dapat kita pakai yakni :

•Video
kita bisa menambahkan sebanyak 4 video pilihan kita yang bisa kita pilih antara video terbaru, video teramai dan video pilihan kita.
•Playlist
sama seperti video, untuk pilihan playlist juga bisa kita tambahkan dari playlist yang kita miliki.
•Subscribe
element ini berupa foto profil dari akun youtube kita dan ini adalah link untuk subcribe terhadap channel kita.
•Channel
Kita juga bisa mempromosikan channel lain entah milik kita sendiri atau channel milik orang lain dengan menggunakan pilihan element ini.
•Link (Program Partner YouTube)
element ini hanya untuk akun tertentu saja.

Tujuan memasang endscreen.


Youtube mempunyai fitur endscreen ini sejak 2016 lalu dan awalnya hanya channel terpilih saja yang bisa menggunakan fitur ini, namun karena dirasakan bagus oleh para pemilik channel terpilih akhirnya dipublish untuk semua channel youtube.

Tujuan dari kita menggunakanya fitur endscreen ini yakni untuk semakin meningkatkan ketertarikan penonton untuk terus menyaksikan video-video yang ada di YouTube melalui cuplikan-cuplikan thumbnail yang kita pasang di akhir video kita.

Tips membuat endscreen yang baik menurut google.


Tips untuk membuat layar akhir
•Tampilkan elemen yang relevan dengan video.
•Dorong penonton agar mengklik, menggunakan pesan ajakan (CTA) untuk berbagai elemen layar akhir.
•Jika Anda menggunakan gambar kustom, sebaiknya gunakan gambar yang memiliki lebar piksel setidaknya 300 x 300.
•Pastikan Anda menyisakan ruang dan waktu yang cukup di akhir video untuk layar akhir. Saat mengedit video, pertimbangkan untuk menggunakan 20 detik terakhir.
•Pertimbangkan untuk menentukan waktu elemen layar akhir yang berbeda agar muncul pada waktu yang berbeda.

Cara memasang endscreen yang baik menurut saya :

Setiap orang mempunyai cara dan pandangan yang berbeda-beda ketika memasang endscreen pada videonya. Ada yang suka menggunakan semua element sesuai templatenya atau ada juga yang mencampur antara video, subcribe dan playlist. Namun untuk saya sendiri selalu menggunakan endscreen video dengan beberapa element seperti :

- Video terbaru, agar penonton mengetahui bahwa kita juga mempunyai video terbaru
- Video yang lebih lama atau video sebelum video ini. Hal ini untuk membuat kesan bahwa kita continue membuat video.
- Playlist yang sesuai dengan video kita dan penonton bisa menilai bahwa kita mempunyai video serupa yang harus mereka tonton juga.
- Subscribe, untuk memancing penonton ikut subscribe channel kita.

Endscreen itu penting karena..

Seperti yang sudah saya tulis diatas tentang salah satu optimasi video kita dan kita berusaha merekomendasikan penonton untuk terus menonton video-video lainnya di channel kita. Bayangkan jika kita tidak menggunakan endscreen, tentu setelah penonton selesai menonton video dia akan pindah channel ke yang lain. Sedangkan jika di akhir video kita sarankan video-video kita tentu ini akan sedikit banyak menggugah minat penonton untuk melanjutkan menonton video kita yang lainnya.

Kecuali untuk channel yang sudah besar, karena penonton biasanya sudah tahu kualitas dari channel tersebut, tanpa endscreen pun mereka akan menonton lanjutan video dari channel tersebut.

Waktu yang tepat untuk memasang endscreen.


Secara default dari youtube waktu untuk memasang endscreen sekitar 15-20 detik sebelum video berakhir dan untuk kita diharapkan membuat video lebih sekitar 20 detik diakhir untuk menyimpan endscreen tadi, jadi tidak menggangu penonton untuk menonton akhir video kita. Lebih bagus lagi jika kita menggunakan template khusus yang kita buat lengkap dengan keterangan element kita ini tentang apa dan bagaimananya.

Jika ada yang kurang dimengerti silahkan kita berdiskusi via komentar dibawah. Jangan ragu untuk berdikusi karena itu akan berguna untuk kemajuan kita bersama.
Jangan lupa share dan komentar jika anda menyukai artikel ini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar