Skip to main content

Bolehkah anak cacar mandi? Simak apa kata dokter.

AWAS ANAK KENA CACAR AIR DILARANG MANDI ! 

BENARKAH??? 

Banyak omongan dari tetangga, teman bahkan saudara yang menyebutkan ketika anak sedang sakit cacar baiknya jangan dimandikan, nanti akan lebih banyak. Namun benarkan hal tersebut? Yuk simak apa kata dokter ketika anak mengalami sakit cacar air.

👩 Dok.. Anak saya kena cacar air.. Sudah 3 hari nggak dimandiin.. Kok tambah gatal yaa...

👩‍⚕️Iyaa pasti tambah gatal kalau nggak dimandiin mom.. 
Wong cacar air itu penyebabnya virus.. sering bikin gatal dan demam.. Kalau tidak mandi malah bahaya.. malah tambah jadi koreng dan susah hilang bekasnya.. Jadi, kalau anak kena cacar justru harus mandi lho moms.. 

👩 Ooo.. Jadi justru harus mandi thoo... Mandi air panas atau dingin dok?

👩‍⚕️ Mandi air hangat maupun dingin sebenarnya tidak masalah mom... pilih yang tengah2 aja, alias air suam2 kuku.. pakai sabun antiseptik ya.. Jangan digosok kuat2.. handukan nya juga ditepuk2 aja ya.. pakai baju yang longgar2.. tujuannya biar bentol2 yang terisi air tidak gampang pecah dan menulari sekitar.. 

👩 Nah itulah Dok.. Gimana biar ga nular? 

👩‍⚕️Penularan cacar air memang bisa lewat cairan cacarnya itu Mom.. Jadi dede harus rajin cuci tangan dan gunting kuku ya.. Jangan berbagi baju, handuk dan sisir sama kakak dan adiknya dulu.. Bobonya pisah dulu, seprey dan sarung bantal gulingnya  juga cuci terpisah dulu ya.. Kalau bisa benda yang terpegang diseka cairan antiseptik.. 

👩 Dok.. Kalau lagi cacar ga boleh makan kecap ya? Katanya nanti cacarnya tambah item.. 

👩‍⚕️ Boleh makan apa aja asal bergizi dan seimbang ya Moms.. Perbanyak makan buah dan sayur supaya perbaikan kulitnya makin cepat.. Boleh kok makan pakai kecap, tidak bakal membuat bekas tambah hitam.. Asal kecapnya bukan dibaluri ke badan dede ya Moms.. Hehehe.. 
.
.
.
Salam sayang untuk dede2nya yang lagi kena cacar ya Moms.. semoga lekas sembuh..
(Repost dr.Theresia Santi, Sp.A)

Konsultasi Dokter Spesialis Kulit dan Venerik
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar