Skip to main content

Tips Ramadhan. Waktu terbaik dan manfaat tes gula darah.

RAMADHAN #6: WAKTU TERBAIK & MANFAAT TES GULA DARAH
Karimah Muhammad. Clinical Pharmacist. 
CPE Alumni ITB

Tujuan atau manfaat pemeriksaan GULA DARAH PUASA (FASTING BLOOD GLUCOSE), yang tidak berhubungan dengan bulan Puasa: 
* Mengetahui efektivitas obat yang sedang diminum.
* Mengetahui apkah pengobatan yang dilakukan sudah tepat atau belum. Jika pengobatan anda sudah tepat atau mencapai sasaran, maka kadar gula darah puasa harus menunjukkan angka 126 mg/dL atau kurang.
* Mengetahui apakah program diet dan/atau olah raga yang dilakukan sudah cukup atau masih kurang.

Karena definisi gula darah puasa adalah keadaan dimana yang bersangkutan tidak makan atau minum apapun, kecuali air putih selama 8 jam atau lebih, maka khusus di bulan Ramadhan:
** Pemeriksaan gula darah puasa di laboratorium atau di rumah dilakukan pada jam 1 siang atau setelahnya, hingga menjelang waktu berbuka. 
** Pemeriksaan TIDAK BISA dilakukan pada pagi hari sebagaimana pada bulan-bulan selain bulan Ramadhan. Karena pada pagi hari kriteria 8 jam puasa belum terpenuhi.

Sedangkan tes gula darah 2 jam SETELAH MAKAN, dikenal dengan post prandial atau 2 jam pp, sebaiknya dilakukan pada jam 8-9 malam, atau setelah selesai shalat tarawih. Tes ini berfungsi untuk mengetahui: efek makanan terhadap kadar gula darah. Jika anda ingin tahu: makanan apa yang boleh dan tidak boleh dimakan, atau berapa banyak saya boleh makan atau makan nasi, lakukan tes ini DI RUMAH dengan alat tes gula darah (Glucosemeter)👇.

Jika tes gula darah 2 jam setelah makan menunjukkan angka:
* 180 mg/dL atau kurang, berarti apa yang anda makan masuk dalam kategori BOLEH dan porsinya cukup.
* Lebih dari 180: KURANGI porsinya.
* Jauh di atas 200: hindari makanan tersebut. 
Gampang tho?Selalu ada kompromi dalam pengobatan.

Tak seorang dokter pun tahu dan bisa memutuskan: makanan mana yang boleh dan tidak boleh. Berapa banyak porsi yang diizinkan untuk dimakan? Hanya dengan tes gula darah 2 jam setelah makan yang bisa menjawabnya.
Jika anda termasuk kategori penderita diabetes yang "suka ngeyel": buat apa hidup kalau nggak boleh makan ini itu, komprominya: PERLU DITAMBAH OBAT DIABETESNYA, jika kadar gula darah 2 jam setelah makan jauh di atas 200. 

Umumnya penderita diabetes perlu melakukan tes gula darah 2 jam setelah makan ini setelah tes GULA DARAH PUASANYA mendekati angka 126. Jika masih jauh: lebih baik fokus minum obat, dan lakukan tes gula darah puasa secara teratur. Karena harga test stripnya lumayan mahal.

KM. 30 April 2019
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar