--> Skip to main content

Mengenal bayi sudah kenyang menyusu. Inilah tanda bayi kita sudah kenyang menyusu yang harus kita ketahui

Inilah tanda bayi kita sudah kenyang menyusu yang harus kita ketahui
Tanda Bayi Kenyang Saat Menyusu
 

Banyak ibu bertanya-tanya: bagaimana cara untuk tahu bahwa bayi yang menyusu di payudara sudah kenyang? Yuk kita cari tahu berikut ini.

Payudara memang tidak transparan seperti botol dot, sehingga sering membuat ragu untuk memastikan kecukupan asupan nutrisi bayi.

Namun, jangan khawatir, mengetahui bayi kenyang ketika menyusu itu mudah. Lihat saja genggaman tangannya.

Bayi yang lapar tangannya akan menggenggam kuat sekali di saat awal menyusu. Lalu ketika sudah mulai kenyang tubuh bayi akan mulai rileks, mulai dari wajah – bahu – lengan – hingga yang terakhir adalah genggaman tangan. Bayi yang kenyang genggaman tangannya akan terbuka rileks.

Beberapa bayi akan melepas sendiri payudara, sedangkan bayi yang lain akan tetap menghisap hingga tertidur. Bayi yang kenyang raut wajahnya akan terlihat rileks dan bahagia. Ibu sebaiknya membiarkan bayi menyusu tanpa dibatasi dan dijadwal. Ikuti saja kemauan bayi.

Oleh sebab itu, buka bedong dan sarung tangan bayi ketika menyusui. Bedong akan menghalangi kontak kulit dan membuat bayi malas menyusu. Sarung tangan akan menghalangi fungsi tangan bayi. Tangan membantu manusia untuk makan. Dengan tangan kita memasukkan makanan ke dalam mulut.

Bayi yang lahir masih memiliki mata yang rabun sehingga tangan akan membantunya menemukan posisi payudara untuk menyusu. Tangan membantu bayi menstabilkan tubuhnya saat melekat untuk menyusu. Tubuh yang stabil akan membuat posisi dan pelekatan baik sehingga bayi juga ibu akan sehat.

Memantau tanda kecukupan ASI akan membuat bayi sehat dan ibu bebas dari rasa takut. Tanda kecukupan ASI pun adalah tanda-tanda yang sangat mudah untuk diamati, yaitu beberapa diantaranya BAK (Buang Air Kecil) minimal 6x dalam sehari dan kenaikan berat badan setiap bulannya (3 bulan pertama minimal 500gr, setelah itu berat bayi akan perlahan naik sedikit karena bayi sudah mulai banyak bergerak)

Fakta 1#: saat dalam rahim ibu ternyata bayi telah terbiasa menggunakan tangannya dengan posisi demikian. Janin akan membawa tangannya ke wajah saat dia menghisap-hisap cairan ketuban. Demikianlah proses sebenarnya pola makan bayi, dimana dia akan membawa tangan ke mulutnya saat merasa lapar.

Fakta2#: ibu mungkin menyadari bahwa bayi tidak menyentuhkan wajahnya ke payudara ibu saat akan memulai menyusu, bayi akan menggunakan tangannya untuk menemukan puting ibu. Bayi baru lahir memiliki penglihatan yang buruk sehingga akan menggunakan kelima inderanya untuk mengetahui lokasi dan melekat di payudara. Tangan-tangan kecil itu sedang mencari payudara ibu untuk didekatkan ke mulutnya.

Menyusui itu mudah bukan? 🙂

Sumber : Dunia Sehat

Tonton juga :


Video experiment mie dan betadine
Video experiment
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar