--> Skip to main content

Bolehkah upload video youtube dalam jumlah banyak? Youtuber wajib baca

Bolehkah upload video youtube dalam jumlah banyak?
T-series Channel
Pernahkah anda menerima sebuah notifikasi dari youtube tentang video baru dari channel yang kita subscribe? Jika pernah berapa kali dalam sehari anda menerima notifikasi tersebut dari channel yang sama? Jika hanya 1 kali dalam sehari atau 1 minggu tentu tidak masalah, tapi bagaimana jika dalam 1 hari kita menerima notifikasi lebih dari 1 kali hingga puluhan kali dari 1 channel yang kita subscribe?
Tentuk akan muncul sebuah pertanyaan, apakah upload video dalam jumlah banyak dalam waktu 1 hari diperbolehkan oleh pihak youtube?
Pihak youtube tentu memperbolehkan untuk upload sebanyak apapun video asal memenuhi syarat kebijakan dari youtube itu sendiri seperti tidak boleh reupload alias video yang kita upload harus original milik sendiri bukan hasil jiplak atau download video orang lain. Bukan sebuah video yang mengandung kekeras*n dan hal-hal yang memang dilarang oleh youtube berada di situsnya.
Sepertinya pihak youtube juga akan diuntungkan jika kita bisa upload banyak video dan bisa menjaring penonton sebanyak mungkin. Ini akan menjadi hal yang win-win solution untuk kita sebagai pihak creator dan youtube.
Bahkan untuk channel corporate seperti channel stasiun televise juga menyiarkan ulang acaranya di youtube untuk mencari penonton. Dan itu banyak acara televise yang artinya banyak video yang mereka upload di youtube.
Channel besar biasanya sudah mempunyai team yang memang khusus untuk memproduksi video-video channel mereka. Bahkan sekelas T-series yang notabene adalah sebuah perusahaan, tentu bukan hal yang sulit untuk membuat banyak video dalam sehari. Management mereka sudah bagus. Sama saja seperti management sebuah televisi yang membuat program-program siaran, bedanya mereka menyiarkan acaranya lewat youtube.
Apakah tidak dianggap spam?
Untuk bisa menjawab apakah itu termasuk spam atau tidak tentu pihak yuotube sudah mempunyai team atau system sendiri yang bisa menilai apakah video sebanyak itu termasuk spam atau tidak. Namun yang menjadi perhatian untuk kita jika akan melakukan banyak upload video adalah salah satunya harus mempunyai content yang berbeda-beda dari setiap video yang kita upload.
Misalnya saja kita upload video dengan keyword anak lucu, anak lucu main basket, anak lucu tertawa dan sebagainya dengan keyword "anak lucu". Dengan banyak video yang kita upload dan keyword yang sama bisa jadi nanti akan dianggap spam, apalagi kalau videonya sama. Tetapi akan berbeda cerita jika keyword sama tapi video dan musik didalamnya berbeda-beda, hal tersebut akan dianggap sebagai video normal dan tidak akan dinilai sebagai video spam oleh pihak youtube.
Berapa banyak video yang aman dari spam?
Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa sebanyak apapun video yang bisa kita upload asalkan tidak mempunyai keyoword dan video yang sama. Bahkan menurut master-master youtube menyebutkan bahwa untuk upload sampai puluhan bahkan ratusan juga tidak masalah untuk pihak youtube. Yang penting kembali kepada kebijakan youtube dan tidak ada video yang melanggarnya.
Adapun cara lainnya jika akan upload dalam jumlah banyak agar tidak dianggap spam adalah dengan cara upload video dan dibuat jadwal untuk publikasinya. Biasanya untuk hal ini dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai banyak channel. Jadi akan dibuat banyak video dan di upload dihari yang sama dan akan dipublikasi secara terjadwal. Dan selama menunggu video terjadwalnya habis maka dia akan membuat video lagi.
Semoga tulisan sederhana ini membantu menjawab ya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar