--> Skip to main content

DINAMIKA PERGERAKAN DATA DI SITUS KPU PROVINSI JABAR dan JATENG

Data pergerakan hasil Pilpres 2019 Jabar dan Jateng.
Data pergerakan hasil Pilpres 2019 Jabar dan Jateng.
DINAMIKA PERGERAKAN DATA DI SITUS KPU
PROVINSI JABAR dan JATENG DALAM 4 HARI INI
24 April 2019

Oleh: Gatot Widayanto

Bismillahirrohmaanirrohiim,

Sahabat-sahabatku, mohon maaf hari ini saya absen mempublikasikan TREN HASIL SUARA PILPRES. Bukan karena saya tidak tracking; tetap saya amati hasilnya hari ini tadi tepatnya pukul 12:45, konsisten sejak 18 April lalu. Mengapa? Karena secara komposisi memang tidak kelihatan ada pergerakan signifikan antara 01:02 masih di kisaran 55:45. Padahal, lima lembaga lainnya berbeda komposisinya.

Apa yang terjadi?

Saya coba lihat dulu LAJU DATA ENTRY antara dua provinsi penting yaitu JABAR (dimana paslon 02 unggul) dan JATENG (dimana paslon 01 unggul). Lihatlah kurva ini dimana LAJU JABAR kalau ditarik garis lurus jauh lebih landai (garis warna biru) daripada JATENG (garis warna orange). Tidak hanya itu, hari ini terjadi lonjakan yang sangat signifikan dalam data entry JATENG dari 18,43% posisi kemarin ke 28,81% per hari ini alias ada peningkatan 10,4%. Sementara itu JABAR hanya bergerak dari 9,74% ke 13,44% alias meningkat hanya KURANG dari 4%. Kasihan sekali data entry JABAR sudah rendah progress nya, peningkatannya pun sangat kecil diabndingkan dengan JATENG. Mungkin inilah salah satu sebab mengapa hasil KPU berbeda dengan 5 lembaga realcount lainnya dimana selisih paslon 01 dengan paslon 02 cukup besar, yaitu sekitar 10%. Lembaga realcount lainnya lebih kecil bahkan EMPAT lembaga real count menunjukkan komposisi yang berbeda, yaitu paslon 02 unggul.

Tidak perlu bingung....mari kita telusuri lebih jauh ya .... Jangan bosen, biar puas memahami dinamika pergerakan data yang sepertinya tak berubah (stabil) ini ....

PROGRESS % DATA ENTRY POVINSI JABAR PER KABUPATEN

Lihatlah Tabel DATA ENTRY PROVINSI JABAR DIURUTKAN DARI KABUPATEN&KOTA DENGAN TPS TERBANYAK. Data ini adalah per 24 April jam 11:30 (siang tadi). Kita cukup lihat 10 KABUPATEN&KOTA DENGAN TPS TERBANYAK DI JABAR (area yang saya beri background berbeda). Tidak usah semuanya kita bahas, ambil beberapa saja ya ....

- BOGOR progressnya hanya 4% padahal TPS terbanyak dan 02 unggul telak (69,34%)
- BANDUNG progressnya hanya 3,6% padahal 02 unggul telak (62%)
- BEKASI progressnya baru 4,8% padahal 02 unggul telak (63,9%)
- SUKABUMI progressnya 4,1% padahal 02 unggul telak (68,9%)
- KOTA BANDUNG progressnya baru 3,1% padahal 02 unggul telak (57,63%)
- KOTA BEKASI progress baru 1,6% padahal 02 unggul telak (64,9%)
- KARAWANG progress 3,2% padahal 02 unggul telak (57,1%)

Satu-satunya yang progressnya "mendekati" nasional adalah GARUT  yang 20%, 02 unggul telak (70,3%).

Lihatah CIREBON yang berbeda sendiri dimana 01 unggul telak (64,3%) namun progressnya jauh lebih baik dari kabupaten yang 02 lebih unggul, misalnya BOGOR, BANDUNG, BEKASI, SUKABUMI, KOTA BANDUNG, KOTA BEKASI, dan KARAWANG.

Kalau mau lihat lebih jauh lagi (di luar TOP-10), ambillah contoh INDRAMAYU dimana  01 unggul telak (71,2) dan ...eng ing eng ... data entry progressnya 69,9%!!! (WOOOOOUUUUWWW ....jauh lebih tinggi dari progress nasional yang sekitar 25% tadi siang!!!)

KESIMPULAN

1.) LAJU DATA ENTRY JATENG yang melejit cepat (28,81%) sedangkan JABAR sangat lambat (13,44%), sementara itu komposisi relatif stabil di kisaran 55:45 memberikan INDIKASI KUAT bahwa POPULASI DATA MENYELURUH (SEMUA DPT) sebenarnya 02 LEBIH UNGGUL dari 01.

2.) Kondisi poin 1 di atas semakin membenarkan komposisi 4 lembaga real count lainnya dimana 02 unggul dari 01. Bisa dimaknai bahwa proses upload data di 4 lembaga real count lainnya (AyoJagaTPS, Jurdil, Roemah Djoeang dan Kawal Pilpres) dilakukan dengan distribusi MERATA, tidak terjadi KETIMPANGAN PROGRESS dalam DATA ENTRY.

Apa yang sebenarnya terjadi dalam DATA ENTRY di KPU -- Allahua'lam bi shawab. Namun kita wajib berkhuznudhon kepada KPU yang telah bekerja keras melakukan upload data. Bisa jadi memang resources untuk data entry di JABAR sangat kurang dibandingkan JATENG.

Tugas kita, mari kita doakan insan-insan di KPU bekerja lebih professional dan teliti sehingga data entry bisa dilakukan dengan lancar dan dengan DISTRIBUSI yang merata, semua provinsi mendapatkan kesempatan progress % yang sama, tidak timpang. 

Ya Allah Ya Rabb ... berillah rahmat dan hidayahMu untuk insan-insan di KPU agar mereka mengemban tugas dengan amanah dan profesional. 
Engkaulah yang membolak-balikkan hati (yaa muqolibbal quluub), 
Engkaulah yang membuat hal sulit menjadi mudah. 
Hanya kepadaMu kami mohon pertolongan. 
Aamiin Ya Rabb ... Aamiin.

La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzholimiin ....

Salam jurdil!

GW 23:04 | 24/04/2019

----
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar