--> Skip to main content

Khasiat Bawang Dayak, Cara Penggunaan, dan Efek Samping yang belum diketahui banyak orang.

Khasiat Bawang Dayak, Cara Penggunaan, dan Efek Samping yang belum diketahui banyak orang.
Bawang Dayak dengan 1000 manfaat
Banyak diantara kita mungkin masih asing ketika mendengar nama bawang dayak dan dari wanginya yang tidak ada aroma bawangnya. Meski kurang familiar di banding jenis bawang lainnya, tanaman berjuluk 'Si Umbi Ajaib' ini ternyata memiliki manfaat yang dahsyat dalam mengobati berbagai penyakit. Seberapa dahsyat manfaat bawang dayak ini? Mari, cari tahu selengkapnya. Simak juga manfaat dari jenis bawang lainnya:

Kandungan dan Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Manfaat Bawang Merah untuk Lelaki Beserta Bukti Ilmiahnya

Apa Kandungan Bawang Dayak?

Sesuai namanya, bawang dayak memang banyak dibudidayakan di Pulau Borneo Kalimantan. Tanaman bernama Latin Eleutherine palmifolia L. Merr ini telah dipergunakan secara turun temurun oleh masyarakat Dayak sebagai obat alternatif dalam mengatasi berbagai penyakit. Sepintas, bawang dayak memiliki rupa yang mirip dengan bawang merah yang biasa kita kenal. Dengan warna merah pada umbinya, hijau pada daunnya dan bunganya yang berwarna putih memikat. Jika ditelaah lebih dalam, barulah kita dapat membedakan keduanya. Bawang dayak memiliki permukaan yang licin, bau yang tidak menusuk dan ketika mengirisnya pun tidak menyebabkan mata perih layaknya bawang merah pada umumnya. Ciri khas lainnya, apabila di pegang maka warna merah pada bawang dayak ini akan menempel di tangan. Berdasarkan dari beberapa hasil penelitian yang telah dilakukan. Bawang dayak diketahui memiliki kandungan fitokimia seperti alkaloid, flavanoid, steroid, glikosida, fenolik dan zat tanin yang kesemuanya berperan besar terhadap kesehatan. Maka tak mengherankan, dengan berbagai kandungannya tersebut, pantaslah apabila bawang dayak dijadikan sebagai tanaman obat modern dalam kehidupan manusia saat ini.

Apa Manfaat Bawang Dayak Bagi Kesehatan?

Manfaat atau khasiat bawang dayak begitu beragam. Mulai dari menyembuhkan penyakit ringan seperti flu atau sembelit, hingga dapat membantu mengobati penyakit berat seperti hepatitis, kanker, hipertensi dan beberapa penyakit lainnya. Berikut manfaat bawang dayak selengkapnya:

1. Obat Alami Sakit Perut
Berkat kandungan tanin didalamnya, bawang dayak dapat digunakan sebagai obat alami dalam mengatasi sakit perut. Tanin mampu mengurangi gas di saluran pencernaan, meredakan perut kembung hingga mengatasi masalah konstipasi atau sembelit.

2. Ampuh dalam Mengatasi Flu
Masyarakat suku Dayak ternyata sudah lama menggunakan bawang dayak sebagai obat untuk mengatasi flu. Khasiat bawang dayak ini ditenggarai berkat kandungan glikosida didalamnya yang berfungsi sebagai antibakteri, anti radang dan ampuh dalam menurunkan demam.

3. Sebagai Agen Antiinflamasi
Senyawa flavonoid yang terkandung dalam bawang dayak memiliki efek antiinflamasi atau anti radang. Tak mengherankan apabila kemudian bawang dayak dipercaya mampu membantu menyembuhkan penyakit yang berawal dari peradangan seperti hepatitis, arthritis dan tonsillitis atau radang amandel yang kerap dialami anak-anak.

4. Sebagai Agen Antibakteri
Bakteri dan berbagai mikroorganisme lainnya kerap menjadi dalang di balik penyakit yang kita alami. Untungnya, berkat khasiat bawang dayak yang berperan sebagai agen antibakteri, kita dapat membantu tubuh dalam menyingkirkan berbagai bakteri dan mikroorgansime jahat lainnya yang masuk secara tidak sengaja.

5. Antikanker Serviks
Berdasarkan hasil riset yang telah dilakukan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Didapatkan hasil bahwa, ekstrak bawang dayak mampu menurunkan tingkat ekspresi Cylin-E sel kanker serviks uteri Hela secara signifikan. Hasil riset ini tentunya menjadi kabar gembira bagi para penderita kanker serviks karena tersedianya obat alternatif yang alami untuk membantu kesembuhan penyakit yang dideritanya. Meski begitu, penggunaannya sebagai obat masih memerlukan studi lebih lanjut. Selalu konsultasikan dengan dokter Anda mengenai terapi kanker yang hendak dijalani.

6. Membantu Mencegah Jantung Koroner
Siapa sangka, ternyata senyawa fenolik yang terkandung dalam bawang dayak efektif dalam membantu mencegah timbulnya penyakit jantung koroner yang telah merenggut jutaan nyawa di berbagai belahan dunia.

7. Pengobatan Diabetes
Manfaat bawang dayak juga dapat dirasakan oleh para penderita diabetes. Pasalnya, senyawa alkaloid, flavonoid, glikosida dan saponin dalam bawang dayak memiliki aktivitas hipoglikemik atau dapat menurunkan kadar gula darah. Jadi bagi para penderita diabetes, tak ada salahnya untuk membuktikan khasiat bawang dayak yang satu ini.

8. Membantu Menurunkan Tekanan Darah
Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan pembunuh yang amat keji. Bagaimana tidak, sebab penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi berbahaya dan mematikan tanpa menunjukkan gejala sebelumnya pada si penderita. Kabar baiknya, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Guru Besar Emeritus Fakultas Farmasi Universitas Padjajaran, Prof Dr Sidik Apt, menunjukkan bahwa bawang dayak mengandung senyawa alisin yang efektif dalam menurunkan tekanan darah dan kekentalan darah. Hasil penelitian ini pun semakin menunjukkan bahwa, manfaat bawang dayak tidak hanya mampu mengatasi penyakit yang tergolong ringan saja. Lebih dari itu, tanaman ini juga terbukti ampuh dalam membantu mengatasi penyakit-penyakit berat. Membuatnya semakin layak dijadikan sebagai tanaman obat modern.

9. Mampu Menangkal Radikal Bebas
Bawang dayak memiliki kandungan antosianin yang tinggi, yang memberi warna merah alami pada umbinya. Antosianin berfungsi sebagai antioksidan yang berperan dalam menetralkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Dengan berkurangnya kadar radikal bebas dari dalam tubuh, maka akan berbanding lurus dengan semakin berkurangnya risiko terserang penyakit kanker, jantung dan beberapa penyakit lainnya.

10. Sebagai Agen Antikanker
Manfaat bawang dayak sebagai tanaman obat semakin dahsyat berkat kehadiran senyawa naphtokuinones yang terkandung didalamnya. Kombinasi senyawa naphtokuinones dan beberapa senyawa lainnya, bertindak sebagai agen antikanker dengan menurunkan aktivitas cyclin-E sel, sehingga menyebabkan terjadinya apoptosis atau kematian sel kanker.

11. Obat Alami Batu Ginjal
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh beberapa mahasiswa dari Unviversitas Lampung. Dijelaskan bahwa, ekstrak bawang dayak bersifat diuretik dan mampu menurunkan kadar kalsium serta pH urine sehingga dapat memudahkan penghancuran dan pengeluaran batu ginjal.

12. Membantu Mencerahkan Kulit
Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk memiliki kulit wajah yang cerah. Berdasarkan hasil skrining fitokimia terungkap bahwa, bawang dayak mampu bertindak sebagai antimelanogenesis yang dapat mencegah timbulnya bintik-bintik hitam di wajah sekaligus mencerahkan kulit. Tertarik untuk membuktikan khasiat bawang dayak yang satu ini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar