--> Skip to main content

Hati-hati membersihkan telinga anak.

Cara membersihkan telinga anak yang benar.
Cara membersihkan telinga anak yang benar.
Bismillah...
Postingan saya sebelumnya berkaitan sama kejadian yang menimpa Raja 4 hari yll. 
Siang jam 2 saya ajak dia utk bersihkan telinga. Pakai cutton bud yg udh saya kasih baby oil biar lembut. Hal ini udh kegiatan  rutin dari saya baru punya anak 1. Dan alhamdulillah baik2 saja. Ibu2 seneng dong ya liat kuping anak bersih.

Sampai siang itu Raja bilang sakit smbil kaget. Nangis teriak2 dan saya fikir terlalu dalam saya bersihinnya. Beberapa menit kmudian dia diam. Maghrib pas mau sholat alangkah kaget saya karena ternyata darah mengalir dari telinganya. Sudah dilap ternyata memang ga bisa berhenti. Panik langsung saya bawa ke UGD  smbil nangis gemeteran naik motor. Dokter jaga bilang "Ibu, ini kemungkinan sobek gendang telinganya. Saya kasih rujukan, saya carikan dokter THT yang praktek malam ini. Ibu tenang ya, gpp bu..."

Lhah gimana mau tenang liat anak saya nangis ketakutan, dan darah terus mengucur dr dalam telinganya. Saya cuma bisa istighfar sambil baca doa Nabi Yunus. Saya ketakutan.

Setelah dapat surat rujukan, langsung menuju tpt praktek THT yang diberitahu. Qadarullah di Serang malam itu cuma dokter THT itu satu2nya yg praktek. Masih gemetar masuk ke ruang praktek dr THT trsebut. Langsung diperiksa dan dokter bilang "sobek ini bu, tapi belum terlihat jelas karena dalam telinganya masih sgt banyak genangan darah. Kalau anak kecil biasanya masih bisa terbentuk lagi selaputnya. Tapi kalau tidak ditangani dg benar, nanti ga bisa berenang lagi. Ga bisa naik psawat lagi. Telinganya ga bisa kena tekanan.."

Ya Allah saya dzolim, saya dzolim 😭

Akhirnya saya diresepkan beberapa obat. Ada cairan yg harus ditetes ke telinga, obat pereda nyeri, dan antibiotik.

Dokter cuma pesan "Ibu ga usah bersihkan telinga anak ya, kbiasaan ibu2 suka rajin bersihin telinga anak2nya. Bawa ke THT bu, biar Sp.THT yang bersihkan. Dan lagipula kotoran telinga itu fungsinya untuk saring udara, untuk cegah hewan2 kecil masuk. Terlalu bersih justru ga baik"

-Lanjut di komen ya...-

Sumber : https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10212143633922149&id=1114921633
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar