--> Skip to main content

cara mengatasi banyaknya lumut di tanaman padi

Keluhan pertanian kali ini adalah mengenai banyaknya lumut yang tumbuh ditanah garapan kita dan jelas ini mengganggu tanaman padi kita, mengurangi jatah nutrisinya. Lalu bagaimana caranya mengurangi atau menghilangkan lumut yang tumbuh di sawah kita?

Lumut timbul karena banyaknya air yang ada disuatu tempat dan tidak mengalir atau bisa kita sebut lumut timbul karena ada embengan air dalam waktu lama. Di sawah juga demikian, jika kita melakukan pengairan dengan jumlah banyak dan air yang ada didalam lahan kita bisa berhari-hari besar kemungkinan akan timbul yang namanya lumut. Bahkan dalam waktu lama teredam juga akan membuat pohon padi kita busuk.
cara mengatasi banyaknya lumut di tanaman padi
Lumut tumbuh saat sawah kita siangi setelah dibajak selama 3 harian.


Atur debit air untuk pengairan sawah kita sedemikian rupa agar jangan terlalu kering dan jangan juga terlalu banyak hingga menggenang seperti kolam ikan. Bahkan dalam metode minapadi juga sungai-sungai yang untuk memelihara ikan ada dibagian antara tanaman padi, dan tanah untuk tanaman padi tetap tidak terendam air setiap hari.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar