Mengetahui manfaat jus semangka untuk kesehatan yang kadang di abaikan oleh kita.

Teman-teman pasti tau yang namanya buah semangka. Buah berbentuk bulat dengan warna kulit yang hijau dan isinya yang berwarna merah memang dikenal sebagai buah dengan kandungan air yang banyak. Rasanya yang manis dan berair memang banyak yang mengkonsumsinya hanya dengan di makan langsung. Padahal Semangka bisa juga di jus dengan rasa yang tidak kalah nikmat di bandingkan dengan buah lainnya.

Mengetahui manfaat jus semangka untuk kesehatan yang kadang di abaikan oleh kita.
Manfaat jus semangka untuk kesehatan. image fixabay

Berdasarkan penelitian terbaru, menunjukkan bahwa makan semangka atau khususnya jus semangka segar, menghasilkan beberapa manfaat kesehatan bagi tubuh kita.

Jus semangka bisa kita minum sebagai cara menyegarkan untuk memulihkan tubuh kita. Apa saja manfaat dari minum jus semangka? Yuk, kita cari tahu teman-teman.

1. Menyegarkan dan Memulihkan Tubuh

Di dalam jus semangka terdapat beberapa kandungan menyehatkan, salah satunya adalah asam amino yang disebut L-citrulline.
Semangka tidak hanya membantu mempertahankan keseimbangan cairan tubuh, tapi baik untuk ginjal, kantong empedu, dan kandung kemih.
Efek alkalin dalam semangka juga baik membantu melindungi hati kita.

2. Sarat dengan antioksidan

Dalam jus semangka terdapat beberapa antioksidan alami yang cukup kuat, yaitu sumber vitamin C dan beta karoten yang berubah menjadi vitamin A dalam tubuh.
Antioksidan ini sangat baik untuk mencegah berbagai penyakit di tubuh.

3. Mencegah Peradangan

Dalam jus semangka juga terdapat lycopene yang mampu mencegah peradangan.
Sebuah penelitian membuktikan bahwa makanan yang kaya akan lycopene, mampu mencegah kanker, terutama kanker usus besar, perut, pankreas, dan paru-paru.
Selain itu, lycopene juga mampu melindungi sel dan struktur lain dalam tubuh dari kerusakan oksgen atau bahkan kerusakan DNA.

4. Mengandung Vit B6

Vitamin B6 sangat penting untuk menyeimbangkan otak dan mengurang gejala kecemasan.
Saat kita minum jus semangka, mineral, vitamin, dan nutrisi semuanya akan dipecah dan disatukan kembali sehingga tubuh kita dapat menyerap nutrisi lebih banyak.
Ini artinya bahwa semua vitamin, mineral, dan antioksidan yang terdapat dalam semangka dapat diserap.

Nah dengan banyaknya manfaat dari buah semangka, mulai sekarang jangan sungkan-sungkan untuk mengkonsumsi buah yang 91% kandungannya adalah air ya teman-teman. Harganya juga tidak terlalu mahal dan mudah juga didapatnya. Tidak harus pergi ke supermarket untuk membelinya, cukup di pasar tradisional juga ada. Bahkan sekarang ada juga semangka yang berwarna kuning dan ada pula jenis semangka yang tanpa biji.

Comments

Sedang Ramai

Nama bayi laki-laki Islam yang lahir dibulan Desember.

100 Nama Bayi Perempuan Yang Lahir Di Bulan Ramadhan

Kumpulan nama bayi perempuan islam berawalan Huruf F dengan artinya.