--> Skip to main content

Inilah arti jari bagi bayi yang harus anda ketahui.

Jari-jari tangannya yang kecil menggenggam tangan ayahnya.
Inilah yang kerap dilakukan si bayi ketika tangannya mendapatkan sentuhan dari apapun yang terasa menempel di tangannya. Akan di genggam dan kekuatannya bisa mengangkat badannya sendiri ketika kita angkat. Tapi tahukah ayah bunda bahwa jari menuru bayi mempunyai arti sendiri?

Yuks simak apa saja arti Jari bagi bayi kita ini

Arti jari menurut bayi kita

Jari menurut bayi adalah juru genggam. Pernahkah bunda meletakan jari kita di tangannya lalu bayi kita menggenggamnya kuat? Begitu kuatnya sehingga konon bisa mengangkat tubuhnya saat kedua telapak tangannya menggenggam jari-jari Anda.
Kemampuan yang disebut refleks menggenggam ini adalah salah satu bentuk pertahanan diri bayi di lingkungan baru. Refleks ini akan hilang seiring bertambahnya usia.

Sebaiknya:
  • Jangan memaksa bayi membuka kepalan tangan
  • Sering mengajaknya mengobrol sambil menggenggam tangan dan menatap matanya. Ini membuat bayi nyaman dan aman
  • Bantu melatih koordinasi mata dan tangan dengan bermain "pegang dan lepaskan' benda.

Jari menurut bayi juga adalah obat penenang. Bayi kita sering mengemut jempol atau jarinya untuk menemukan rasa nyaman dalam dirinya. Hal ini karena selama mengisap jari, di dalam tubuh bayi terjadi pengeluaran sejenis hormon yang bersifat menenangkan dan membuatnya relaks.

Sebaiknya:
  • Pastikan jari dan tangan bayi bersih, termasuk kuku bayi
  • Tak usah pakai sarung tangan. Bila udara dingin, cukup keakan sarung tangan sampai tangan bayi hangat dan kulitnya berwarna merah muda
  • Jangan bubuhkan losyen atau kosmetika di tangan dan jemarinya

Jari juga sebagai media belajar bayi. Bayi sering memegang apapun yang menempel kepada tangannya, diambil dan di masukan kedalam mulutnya. Ini normal karena bayi akan belajar merasakan apa yang ada ditangannya, dan saraf didalam mulutnya lebih peka daripada tangannya.

Sebaiknya:
  • Kenalkan bayi pada aneka jenis permukaan benda, seperti kasar, halus atau berbulu
  • Jauhkan bayi dari benda kecil yang jika dimasukkan ke mulut dapat membuat bayi tersedak seperti kancing, manik-manik.
  • Gelitik jari kakinya untuk menarik perhatian. Ia akan segera menanggapi dengan menggerakkan jari kaki atau mengangkat kaki.

Mudah-mudahan informasi kecil ini bermanfaat untuk semuanya. Silahkan share atau komentar untuk saling berbagi mengenai masalah dan perkembangan buah hati kita.
Terima kasih

AnakAyah.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar