--> Skip to main content

Anak umur 5 tahun bolehkah ikut les?

Bunda2 ...anakku cowok umur 5y5m baru masuk TK...dia masih mulai mengenal huruf,mengeja belum bisa,kalo berhitung sampai 100 udah bisa,penambahan dan pengurangan blm bgitu lancar,apakah saya perlu buat les tambahan untuk dia soalnya teman sekelasnya banyak yang les jadi dia ketinggalan dari teman2nya...gimana yaa bunda2 kalo kata papanya ga usah di paksain jadi bingung saya bund...harus gimana yaa bund. Makasih bund....
Bolehkah anak umur 5 tahun ikut les?
Anak 5 tahun apakah boleh ikut les?

Anak umur 5 tahun memang sedang masa-masanya main, jika dibandingkan dengan orang lain tentu anak kita juga mungkin tidak akan sama, karena setiap anak mempunyai daya kembang masing-masing yang berbeda. Bisa jadi anak kita lambat berkembang di bilang hitung-hitungan tapi dalam hal seni menggambar atau mewarnai dia lebih baik dibandingkan dengan teman sebayanya. Dan mengenai pertanyaan diatas mengenai apakah anak dengan umur 5 tahun harus ikut les tambahan karena dirasakan kurang dibandingkan teman-temannya?

Beberapa masukan yang dapat saya rangkum untuk menjawab pertanyaan diatas adalah :
1.  Sebenarnya bund, usia 5 tahun itu adalh usianya bermain, biarkan saja dia menikmati masa bermainnya atau masa kecilnya tanpa harus dikurangi dengan waktu les ini itu. Untuk belajar bisa ditemani oleh kita selaku orang tuanya, dan lambat laun anak akan mengikuti apa yang kita ajarkan. Belikan saja buku-buku yang menarik anak untuk membaca atau belajar. Jangan terlalu dipaksakan dan mengurangi waktu bermainnya.

2.  anak bunda TK banyak teman less sedangkan anak bunda tdk less belajar di rmh , anak baru TK tdk usah di paksaan , anak pasti bisa dgn alami , bunda ajar anak dgn pelan pelan pasti bisa ikut dgn temannya ada less.

3. Sy kalo jd anaknya stres Bun... Dulu sy wkt TK Alhamdulillah bs berhitung, membaca bahkan hapal bhs. Inggris ehh semakin besar sy males jenuh dgn bhs Inggris dan matematika ternyata benar kata ibu Elly Risman Pakar parenting 0-5 thn usia bermain anak2 siap belajar di usia 6/7thn, jadi usia 5 belajar sambil bermain tdk memaksa belajar harus bisa ini itu ...

4.  Ada anak sodara sy. Dmsukan TK usia 4-5tahun. 6tahun msuk SD. Sekarang udh nginjak kls 2SD gk jarang dia ngeluh ke ibunya kalo dia pusing. Kepalanya ktnya panas klo terus2an mikir. Jd skrg dia trkesan malas bljr. Pdhl dulu wkt usia nya 4taun pling semangat buat sekolah. Krn Sekolah trllu dini itu tidak baik.

5. Stres nya anak gak ketahuan loh Bun , kita kadang gak peka dan gak tau kalo anak stres khawatir tiba2 meledak , sy pernah baca artikel tentang anak yg di les kan ini itu anaknya nurut aja , dan pintar banget sekalinya sakit langsung parah kata psikologis dampak dr anaknya stres.

Nah bund, mommy atau poppy. Dari pertanyaan dan jawaban diatas bisa kita simpulkan bahwa anak umur 5 tahun untuk tidak dianjurkan mengikuti les ini itu. Selain kita telah merampas hak bermain dimasa kecilnya, juga akan membuat anak jenuh belajar disaat waktunya nanti belajar di SD, SMP atau lanjutan.

Biarkan saja anak mengikuti masa kanak-kanaknya, jikapun akan masuk sekolah seperti paud atau TK, jangan paksakan anak untuk bisa seperti yang kita harapkan, karena nantinya juga anak akan berkembang dengan sendirinya.

#savemasakecil mungkin bisa menjadikan kita peka akan kebutuhan anak kita.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, silahkan like atau share jika dirasakan artikel ini mempunyai manfaat untuk kita semuanya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar