--> Skip to main content

Kumpulan kisah dan pengalaman anak saat suntik Vaksin MR

Bulan ini adalah bulan untuk vaksin MR, sperti yang sudah di informasikan oleh mentri kesehatan kepada setiap warga akan kewajiban untuk mengikuti vaksin MR ini. Nah bagaimana sih pengalaman suntik MR ini.

Pengalaman suntik vaksin MR
Pengalaman suntik vaksin MR

Berikut saya ambil dari beberapa kisah dan pengalaman mengikuti vaksin MR :

1. Kemarin anak sy di vaksin .. sblm suntik dia keliling2 ruangan smbl blg ga mau.. ga mau.. tp begitu duduk sy suruh liat kesamping lgsg dokter cusss.. ngamuklah dia smp suntikan nempel di tgn dia.. lgsg dokter buru2 cuss hbsin sisa obatnya. Stlh selesai dia marah2 blg ga mau suntik.. ga mau suntik.. sambil jalan pergi keluar. Lucu juga sih.. smp marah2 gt kedokternya.(dewi astra)

2.  Tanggal 12 kemarin berangkat ke posyandu,meskipun bukan jadwal untuk vaksin (anak masih 7bln) tapi tiap bulan kita rajin ke posyandu lho. Bulan September ini bulan vaksin MR untuk pulau Jawa,di tempat saya para orangtua sangat antusias mengikuti vaksin MR untuk anak nya,karena mereka tahu bahaya dari virus Rubella. Seperti nampak dalam foto ini dimana anak usia 5th digendong ibu nya agar di vaksin,saat tau akan di 'suntik' si anak nangis teriak2 berontak. Segala bujuk rayu diberikan bidan dan kader posyandu tetap gak mau..diberi semangka,diberi permen dia tetep nangis,akhirnya ada anak usia kurang dari 1th yg di suntik cuma merengek dia cuma diem,di ejek'lah sama teman2 sebaya dia 'wuu kalah sama bayi wuu' akhirnya dgn terpaksa dia mau disuntik tapi gak mau liat jarum nya,meskipun akhirnya nangis lagi yg penting ibu'nya sudah tenang karena telah memvaksin anak'nya. Ayo cegah anak kita dari virus campak dan rubella,supaya kalo diCAMPAKkan ada yg memBella.(Titi Widyanti)

3. pas waktu pengumuman imunisasi rubella hari jum'at jam 08.00 saya dan si dedex sebelum jam 08.00 dah k posyandu duluan sambil nunggu petugas imunisasi eh ternyata lagi sepi blum ada warga yang dateng..trus saya pulang karena lupa kertas antrian imunisasi blum di bawa.saya sama ce dedex pulang ambil kertas itu setelah itu kertasnya tak ambil ehhhh sampai sana dah lumayan ada warga yang datang sambil nunggu.tidak lama kmudian bidan dateng.katanya bidan monggo bu anakny mau saya imunisasi.saya bilang iya bu bidan.eee ada warga yang nyelonong dluan sili berganti akhirnya saya sama ce dedex nunggu dan anak kecil pun pada nangis setelah di imunisasi sili berganti.akhirnya si dedex takut sama keadaan di posyandu.dedex ikutan nangis padahal belum di imunisasi. smp bidan selesai imunisasi anak2..lain.bidan nya bilang ibu maaf ya tadi nomer antriannya nyelip di buku lain jadi dedexnya imunisasinya terakhir sendiri.saya sama petugas posyandu dan bidan tertawa. soalnya bidanya temen sendiri jadi setelah imunisasi konsultasi.(Azkadina abibah)

4. alhamdulillah hari ni imunisasi MR y berjln lancar dan senang karena ank saya pas disuntik mr g lihat jarumy kk mlh lihat doktery hbs doktery cantik bengget. (Zulaikha)

5.  Anak sy kira2 tanggal 2 agustus lalu suntik MR. Beberapa hari sebelumny sudah ada pemberitahuan dari sekolah kalau mau ada imunisasi, sengaja saya gak kasih tau anak biar gak takut tapi ternyata yg takut saya mama ny, pas hari H saya sudah panik perut mulas apalagi saat itu bagian anak2 PG duluan yg di suntik semakin panik sy krn anak2 ada yg menangis ada yg histeris. Pas waktu giliran anak sy Tk B langsung sy gandeng anak sy.. sy taruh di barisan paling belakang maksuny biar gak lihat temanny yg di suntik biar gak histeris dan ternyata pas dekat giliranny dia sy tanya mau di pangku mama atau duduk sendiri dia jawab duduk sendiri... pas giliran di suntik wow hebat anak saya duduk sendiri tanpa menangis dan santai jadi mama ny bisa fotoin dia. Yg bikin greget smp rumah dia bilang enak ma..suntiknya besok mau lagi ya... hmmm padahal mama ny sudah panik duluan.(Nita makay)

6. Saya mau cerita juga walaupun anak saya belum di vaksin MR karena bapil. Tapi dirumah saya tempat posyandu 😂
Banyak yang lucu. Dari mulai ibu2nya pada worry. Pada bolos kerja demi nemenin anak takut rewel. Yang nyatanya malah si anak anak mereka disuntik pada diem bengong. Gara gara bu bidannya pinter ngrayu. Alasan dikutekin dulu kukunya pakai tinta ungu. Setelah itu cusss disuntik.
Ada yang lari larian, nempel di motor gakmau turun 😂
Ada yang adeknya disuntik kakaknya yang jerit2 nangis.
Ada yang sebelum disuntik dibilang "gak sakit kok kayak digigit semut". Habis suntik si anak nangis dan bilang "semutnya gede buk" (Khumairoh)

7.  Alhamdulillah bang izy ngga nangis padahal sudah waswas karena saya harus mengajar dan saya amanat kan pada neneknya untuk antar ke posyandu.... Senang dapat sehatnya ga perlu ngambek ngebujuk.(Dha)

8. Anaku namanya syaira umur 3 thn dia sering aku ajak ke bidan wktu aku mau kb.. Jdi pas kemaren imunisasi mr udah shok gitu bund lihat anak yg lain nangis.. Akhirnya aku bujuk kalo aq yg mw d suntikk kan kita biasa ke bdan buat kb... Jdi dia ga berontak aq bilang ke bidanya pas wktu imunisasi kalo aq yg d suntik biyar syaira nya tenang... Pdhal tangan dia yg aku kasihin.. Alhasil nangis tapi sebentr.. (Luphieta Hadianti)

9. Anakku hari selasa MR dipuskesmas. Walau awalnya bidan menyarankan tdk usah imunisasi karena anakku punya riwayat Kejang demam. Lega sekali rasanyaa selesai imunisasi. Dan setelah itu tidak ada KIPI .. Alhamdulillah. (Enggar Setya Utami )

10. Kalo anak saya waktu mau di vaksin di suntik belum nangisnya udah.udah gitu sebelum vaksin di bogeum dulu dokternya alias di pukul karna trauma mungkin waktu di cek darah jadi takut. Sesudah disuntik malah ketawa ketawa bilang'y 'aa dafa kuat kaya ultramen jingga'haa dari tegang jadi ketawa. Itu bun cerita anak saya. (inda permatasari).

11.  anak saya kemarin udah di imunasi MR di rumah sakit di karena kan bidan di posyandu ga berani kasih imunisasi ke anak di karena kan anak saya dalam masa pengobatan kejang demam,saya rada kecewa karna anak saya ga bisa ikutan d suntik padahal anak saya sudah semanget pengen d imun,anak saya umur 3,6 thn. pada akhir nya saya d saranin untuk imunisasi d rumah sakit biar d tangani dokter anak langsung. akhirnya kemarin saya dan suami pergi ke RSUD ,bener2 butuh kesabaran di sana di karena kan nunggu lama dari pagi sampe siang apalgi keadaan d rumah sakit yg lagi penuh +anak saya yang gamau diem, ya ampun bener2 kewalahan tapi saya dan suami tetep sabar karna saya&suami yakin imunisasi itu penting bagi masa depan anak saya. setelah pukul 11 siang ahirnya giliran anak saya masuk,saya bener2 khawatir takut anak saya nanti nya gamau diem pas d suntik,anak saya kemudian d periksa dulu oleh dokter na apalgi saat itu anak saya lagi bapil tapi kata dokternya ga apa2 asal ga lagi demam. selagi dokter nya siapin suntikannya saya bicara sama anak saya " dede jangan nangis ya,mama juga pernah suntik ga nangis kan?apalagi dede kan cowo harus kuat" anak saya mengganguk sepertinya mengerti. kemudian anak saya d suruh duduk,ayah nya pegang kaki nya sya pegang tagan dan tutupi mata nya dan dokter satu nya di suruh pegang tangan yg mau d suntik karena kata dokter nya kaya nya anak saya tenaganya lumayan kuat,hati saya bener was2 karna anak saya kalau punya luka sedikik saja & perih wah nangis nya itu lho bunda2 suka keras dan ngamuk2 apalagi ini d suntik?saya terus aja bisikiin anak saya" dede harus kuat" galama kemudian doktr nya bilang "udah ya,dede emang hebat dan kut" sembari ngacungin jempol,lho kok saya sampe heran anak saya ga nangis sedikit pun atau merintih,rileks aja ekspresinya. semua yg ada d ruangan pun merasa salut sama anak saya pada kasih pujian karna mungkin mereka tau anak saya tadi nya ga bisa diem tapi pas d suntik alhamdulilah baik dan nurut. pengalaman bagi saya teryata memberikan sugesti baik pada anak bisa memberikan efek baik pula kedepannya. jadi buat para bunda2 yang belum di imun jangan takut di imunisasi,berikan semangat pada anak2 kita biar mereka berkurang rasa takut nya.(Nhiea Inya).

12.  Anak saya kemarin tgl 13 imunisasi,nangis pas di suntik aja abis itu nggak nangis,eh pas ada anak usia 4th dia nangis eh anak saya blng kakak jgn nangis aku ga nangis,saya cma senyum2 aja liat gayanya.(Maya Lisdiyana).

13. Alhmdllh mas nabil jg sudah imunisasi mr dan rubella lho. Tidak nangis katanya hanya kayak digigit semut saja. Walaupun malamnya badannya panas tapi dia tetap ceria sambil bilang ma saya berani karena saya anak sehat pintar dan sholeh. (Citie Kalimah)

14. Alhamdulillah anakku 2 thn 3 bulansudah dapet vaksin mR tadi pagi...awalnya saya takut karna si ade lagi batpil..sore sebelum vaksin saya ajak cek k dokter mastiin kalo batuknya ngga parah ..n masih boleh vaksin..pas pagi2 mau brangkat vaksin malah kna flu...karna sudah niat bismillah aja...alhandulillah anak ku hari ini dapet vaksin jg tentunya ngga lupa jg kasih tau kondisi anak sblm vaksin k bidan yg bertugas...sblom d vaksin emnk nolak n sedikit ngrengek..tp ttp d gendong sma petugas tanganya d kasih sepidol..eh malah siade liatin bu bidan nyuntik...hebatt ngga nangiss...👍 turun dr pangkuan petugas jalan keluar sndrii. (Tarra Oktaviana)

15.  Hari rabu kemarin anak saya di vaksin..
Pertamakali datang..suasana nya tegang ,,hampir semua anak menangis ..sambil digendong, disusui dan ditenangkan ibunya..
Awalnya saya juga cemas..
Wah..setelah tahu kalau mau divaksin dan setelahnya..pasti dia juga nangis kayak teman2 lainnya..
:-( ..
Tapi..alhamdulillah...
Di luar dugaan..dia justru yg paling tenang baik sebelum maupun sesudahnya..gag ada tanda2 merengek ataupun mnangis.. :-* ..
Hampir semua salut sama keberanian dlm mnahan sakitnya..
Bangga bgt sama kamu nak... zizi (Yulia Greenworld).

16.  saya udah worry duluan jadi gak kefikiran untuk mengabadikan momen vaksin MR...
tapi yang di khawatirin malah ekspresinya biasa" ajja (datar) gak nangis gak apa... cuma diam sambil menatap bu bidannya penuh tanya... mungkin kalo udah bisa ngomong ( lagi di apain yaa saya ?? )
dan wajahnya bingung ngelihatin anak" yang lain pada nangis
#10month. (Yumna ayasha)

17. anakq, kecil memang, tapi Alhamdulillah kuat, awalnya saya ibunya gamang sekali, mau di imunisasi atau tidak, karena berseliweran berita yang tidak tidak, setelah saya berkonsultasi dengan dokter di salah satu rumah sakit, dokter itu menjelaskan panjang lebar, kenapa pemerintah sampai mau mengadakan pekan imunisasi MR.. akhirnya hati saya terbuka, dan hari ini tadi pelaksanaanya, ya ampun ternyata yang berpartisipasi banyak sekali, awalnya ibu ibu pada tegang, tetapi, setelah selesai dan melihat anak anak tidak ada yang menangis,,,, rasanya lega sekali..apa lagi petugas medisnya benar benar menscreening anak anak.. (Ira Maira)

18. Anakku tgl 4 agustus suntik MR sblmny dia sudah saya kasih tahu nti kayak digigit semut,berjubung msh.kelas satu ortu.boleh.menungguin,apadaya ayahnya tidak tega melihatnya disuntik,akhirnya,mlh dpt foto dr ibu temannya,anak saya,alhamdulillah tdk menangis dan tdk panas pasca imunisasi. (Etik Dwi Setyaningrum).

19.  Usia anak saya satu tahun setengah dan minggu kemarin diimunisasi mr diposyandu..karena dokternya br datang sedangkan antrian ibu-ibu sdh panjang anak saya ketiduran dibangunin pas mo disuntik juga tidak bangun2 saking ngantuk nya sampai kepala anak saya dipegangin sama pak rw pas disuntik juga masih tidur selesai disuntik baru bangun sambil terbengong-bengong tidak nangis mungkin dipikirannya" barusan apaan yah kayak ada yg nyubit akoh"..anakku begitu dr bayi klo diimunisasi jarang nangis malah kasih senyum dulu sama bu bidannya tp klo ditinggalin sama mmh nya kedapur sebentar baru nangisnya kenceng. (Arni Nurcahyani).

20.  Anak sulung ku Raydiansya usia 9th kls 4sd saat imun MR di skolah'y pdhal suntik jam 11siang tp stlh suntik blm kmn2 hrs tggu stgh jam baru BLH plg.ga ad efek apa2 mlm habis suntik agak sumeng sdkitttt cm sdkit.lalu minum Paracetamol stok yg d rmh.alhamdulillah hilang sumeng'y.sekedar berbagi pengalaman nih Bun saat imun MR tmn'y wanita pucet lalu lemas keluar keringat dingin stlh disuntik msh ada Bu bidan'y ternyata blm makan dr pg.d ksh teh manis hangat sm bolu sehat lg lgsg BLH plg. (Dian Raysha).

21. Alhamdulillah,,anak anak saya kemarin tanggal 14 sudah vaksin MR sebelumnya anak anak tak bilangin ntar gak boleh nangis ya harus kuat terus baca Allahu akbar biar gak sakit.tapi begitu jarum di suntikkan langsung ngeng nangis cuma semenit nangisnya.Alhamdulillah pasca vaksin MR anak anak tetap aktif dan ceria badan juga gak panas ngomongnya juga tambah pintar. (Cah Ayu Endari).

Dan masih banyak kisah dan pengalaman menarik lainnya selama di suntik vaksin MR ini.

Silahkan ceritakan kisah anak mommy ketika suntik vaksin di kolom komentar ya mom.

Semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar