--> Skip to main content

Inilah Waktu yang tepat untuk memandikan bayi.

Mempunyai bayi adalah anugrah yang terbesar yang diberikan ALLAH kepada semua orang tua di muka bumi ini. Dan dengan anugrah yang tidak ternilai itu kitapun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk bayi kita tersebut.

Salah satu perawatan yang dilakukan adalah memandikan bayi. Banyak orang yang memandikan bayinya dengan sangat hati-hati karena rasa takut dan belum terampilnya terutama untuk orang tua baru. Dan inilah cara memandikan bayi yang benar dan baik dari NizardanNaura. Yuks mom di simak dulu.

Memandikan bayi bukan hanya membasahi tubuh bayi, tapi mandi juga bisa dijadikan sebagai terapi sentuhan kepada bayi kita, terapi untuk membuat bayi nyaman dan sentuhannya menjadikan alat untuk memperdekat jalinan orang tua dan anak.

Cara memandikan bayi yang benar dari NizardanNaura
Cara memandikan bayi yang benar

Sabun yag digunaankan untuk memandikan bayi juga berbeda dengan sabun yang dipakai oleh orang tua atau bahkan oleh kakaknya sendiri. Sabun bayi harus mempunyai kriteria ph yang netral, karena kulit bayi masih sensitif.

Dikutip dari jhonshonbaby.co.id mengenai cara dan langkah memandikan bayi yang benar :
1. Mulailah dengan mengisi bak mandinya dengan beberapa cm air hangat. Pastikan suhu air mandi bayi Anda antara 32,2-37,8 derajat Celcius. Setelah bak mandi terisi air, aduk air dengan tangan sehingga panas air dapat merata dan tidak berkumpul di satu tempat.
2. Sebelum memasukkan bayi Anda di air, uji suhu air menggunakan bagian dalam pergelangan tangan Anda untuk memastikan air tidak terlalu panas. CATATAN: Pastikan alat pemanas air di rumah Anda diatur tidak lebih dari 49 derajat Celcius untuk mencegah perubahan suhu air yang mendadak.
3. Gunakan satu tangan ibu untuk menopang punggung, kepala, dan leher bayi dengan lembut. Lalu, pelan-pelan masukkan bayi ke air. Terus topang bayi dengan satu tangan saat ibu membersihkan tubuh bayi dengan tangan yang lain.
4. Bersihkan area sekitar mata bayi dengan lembut menggunakan cotton pad yang telah dilembapkan dengan air hangat yang bersih. Gunakan cotton pad baru untuk masing-masing mata dan selalu lakukan usapan dari sudut dalam mata menuju keluar. Kemudian, usap area sekitar mulut, hidung, dan seluruh wajah bayi menggunakan handuk lembut. Usaplah dari tengah menuju keluar. Usap juga lipatan di leher dan jangan lupa bagian belakang telinganya!
5. Untuk bayi yang lebih muda, basahkan waslap bayi dengan air hangat dan gunakan pembersih lembut yang diformulasikan untuk bayi, seperti JOHNSON'S® TOP-TO-TOE® baby wash. Jika rambut bayi Anda lebat, Anda dapat mencoba sampo yang lembut, seperti JOHNSON'S® baby shampoo. Jangan takut untuk mencuci bagian kepala bayi yang lunak (disebut fontanel) dengan lembut.
6. Area popok adalah bagian tubuh yang terakhir dicuci. Untuk bayi perempuan, bersihkan area kelamin dari depan ke belakang. Untuk bayi laki-laki, cuci penis dan area kelamin, juga bersihkan dari depan ke belakang, lalu keringkan sepenuhnya. Untuk bayi laki-laki yang belum disunat, hindari menarik bagian kulit penis (kulup) ke belakang.
7. Biarkan bayi Anda meluangkan waktu sebentar di kamar mandi untuk menikmati air hangat. Tuang semangkuk air ke tubuhnya agar tetap hangat. Hati-hati mengucurkan air langsung dari keran, karena suhu air bisa berubah secara mendadak.
8. Selimuti bayi dengan kedua tangan Anda, melewati daerah sekitar dada bayi Anda menuju bawah lengannya, lalu topang kepalanya dengan telapak tangan Anda, dan angkat dia keluar dari bak mandi, kemudian segera balut si kecil dengan handuk.
9. Keringkan bayi Anda dengan baik hingga ke bagian lipatan tubuhnya, karena kelembapan berlebih bisa menyebabkan iritasi kulit. Keringkan dengan perlahan menepuk-nepuk kulitnya dengan handuk hingga kering untuk menghindari kerusakan kulit.
10. Sebelum memakaikan baju pada bayi, oleskan pelembap bayi yang lembut, seperti JOHNSON'S® baby lotiondengan kandungan antialergi yang secara klinis terbukti lembut dan ringan untuk bayi.
Itulah tips merawat bayi dan memandikan bayi yang dapat ibu terapkan.

Sedangkan persiapan sebelum memandikan bayi kita adalah :
  1.     Permukaan yang datar dan aman seperti tempat tidur atau meja tempat ganti pakaian bayi.
  2.     Handuk dan alas ganti.
  3.     Gayung untuk mengalirkan air.
  4.     Air untuk memandikan bayi. Pastikan agar air tidak terlalu panas.
  5.     Waslap untuk menyeka tubuh bayi.
  6.     Penggunaan sabun memang tidak disarankan saat memandikan bayi. Bila diperlukan, gunakan produk pembersih kulit bayi dengan label soap-free dan tertulis berbahan ringan sebagai pengganti sabun biasa untuk menghindari kulit kering. Hindari juga produk dengan pewangi dan antibiotik karena dapat mengiritasi kulit.
  7.     Pakaian dan popok pengganti.
Catatan penting yang harus diperhatikan oleh kita ya mom sebelum memandikan bayi kita adalah bahwa setiap usia kadang berbeda cara memandikannya. Yuk kita simak bagaimana cara memandikan bayi berdasarkan usia bayi kita yang saya ambil dari lifestyle.kompas.com .

Cara memandikan Bayi usia 0-3 bulan

1. Untuk memandikan bayi yang baru lahir sampai berusia tiga bulan, ia menyarankan untuk menggunakan air yang hangat. "Kulit bayi baru lahir punya kulit yang sangat tipis sehingga masih sensitif. Air dingin bisa membuatnya hipotermia," tukasnya. Siapkan air hangat di dalam bak mandi.
2. Kemudian, awali dengan mengelap tubuh bayi dimulai dari bagian atas, dan kepala. Selanjutnya, mulailah untuk mencuci rambutnya. Namun, biarkan tubuh bayi tetap terbungkus dengan selembar kain flanel yang hangat.
3. Setelah bagian kepala selesai dibersihkan, lanjutkan membersihkan bagian badan bayi. Buka pembungkus flanel bayi, dan awali dengan membersihkan bagian alat kelamin bayi. Terakhir bersihkan badan, tangan dan kaki bayi.
4. Terakhir, bilas dengan seluruh tubuh bayi dengan washlap yang sudah dibasahi air hangat sampai bersih.

Cara memandikan Bayi usia 4-11 bulan
1. Usia 4-5 bulan, bayi sebaiknya masih dimandikan dengan air hangat. Dr. Atilla menyarankan untuk bayi diperkenalkan dengan air dingin ini mulai dari usia enam bulan ke atas.
2. Awali dengan membersihkan tubuh bayi bagian depan dan belakang dengan menggunakan washlap yang sudah diberi sabun bayi. Pastikan sabun yang digunakan ini lembut dan aman bagi kulit bayi.
3. Setelah bersih dan cairan sabun hilang semua, angkat bayi dari bak mandi dan keringkan dengan handuk.

Artikel ini juga masuk dalam pencarian :
- Cara memandikan bayi usia 0 bulan
- Cara memandikan bayi usia 1 bulan
- Cara memandikan bayi usia 2 bulan
- Cara memandikan bayi usia 3 bulan
- Cara memandikan bayi usia 4 bulan
- Cara memandikan bayi usia 5 bulan
- Cara memandikan bayi usia 6 bulan
- Cara memandikan bayi usia 7 bulan
- Cara memandikan bayi usia 8 bulan
- Cara memandikan bayi usia 9 bulan
- Cara memandikan bayi usia 10 bulan
- Cara memandikan bayi usia 11 bulan
- Cara memandikan bayi usia 1 tahun

Update mengenai waktu yang tepat untuk memandikan bayi kita :

Bayi yang baru lahir boleh dimandikan pada waktu kapanpun, tetapi jangan sampai pada waktu makan, atau pun pada waktu tidur mereka. Sebaiknya, untuk memandikan bayi adalah pada waktu pagi hari, setelah bayi berjemur di panasnya matahari pagi, setelah itu dimandikan kira-kira pada pukul 6 pagi sampai dengan pukul 8 pagi, dan mandi sore sekitar pukul 4 sampai dengan pukul 5 sore.

Bayi yang baru lahir sampai usia mereka mencapai 3 bulan sangatlah rentan terhadap udara yang dingin, sebaiknya Bunda menyiapkan air hangat kuku di malam hari untuk memandikan si bayi.

Semoga artikelnya bermanfaat ya mom. Silahkan di share atau komentar untuk sharing dengan kami.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar