--> Skip to main content

Bolehkan anak dikasi obat anti nyamuk orang dewasa?


Musim hujan belum datang, suhu udara masih terasa hangat walaupun sudah tengah malam. Kondisi seperti ini sepertinya nyamuk semakin banyak saja ya mommy. Kadang kita khawatir dengan jagoan atau neng incess akan menjadi sasaran empuk dari nyamuk-nyamuk tersebut. Sudah menggunakan obat nyamuk semprot yang 1x semprot tahan 10 jam tapi beberapa jam kemudian nyamuknya banyak lagi. Menggunakan minyak telon yang ada anti nyamuk juga tidak bisa bertahan lama. Nyamuk tiba-tiba sudah menempel lagi di pipi neng incess.

Lalu apakah aman jika bayi atau anak kita menggunakan obat nyamuk lotion untuk orang dewasa?
Bolehkah bayi menggunakan lotion anti nyamuk dewasa?
Bolehkah bayi menggunakan lotion anti nyamuk dewasa?

Saran saya dan saran dari beberapa orang tua tidak membolehkan anak kita atau bayi kita menggunakan lotion anti nyamuk untuk orang dewasa. Ini dikarenakan kulit bayi terlalu sensitif untuk menerima olesan lotion nyamuk dewasa. Zat aktif yang ada didalam lotion ini termasuk keras juga.

Sebagian besar lotion Anti nyamuk yang beredar di pasaran berisi senyawa DEET (diethyltoluamide). Penelitian menunjukkan bahwa DEET bersifat toksik/beracun pada mata dan jika tertelan oleh mulut (secara oral).

American Academy of Pediatrics (AAP) dan Enviromental Protection Agency (EPA) memberikan rekomendasi sebagai berikut :

1. Lotion Anti Nyamuk tidak boleh digunakan untuk bayi dibawah dua bulan
2. Lotion Anti Nyamuk tidak boleh digunakan bersama-sama dengan sunscreen (tabir surya)

Penggunaan tabir surya bersama dengan lotion anti nyamuk yang mengandung DEET dikuatirkan akan menyebabkan akumulasi kadar DEET dalam darah, hal ini disebabkan tabir surya dipakai berulang dalam sehari. Akibatnya timbul gejala keracunan seperti muntah, sakit kepala dan perubahan perilaku.

Lalu sekarang, bagaimana menghindari gigitan nyamuk pada bayi usia dibawah 2 bulan?
- Gunakan lotion anti nyamuk yang terbuat dari bahan alami, misalnya
Minyak Tawon atau minyak yang mengandung daun sereh (citronella). Nyamuk tidak mau mendekat pada aroma dua macam minyak ini. Hanya saja perlu diperhatikan, hati-hati menggunakan Citronella pada kulit bayi yang luka atau sedang iritasi, sangat perih jika diolesi minyak ini.

Berikut beberapa petunjuk penggunaan Lotion Anti Nyamuk yang benar :
1. Jangan mengoleskan lotion pada kulit luka/kulit yang sedang mengalami iritasi
2. Oleskan lotion pada kulit yang terbuka (tidak tertutup pakaian)
3. Jangan mengoleskan lotion pada telapak tangan bayi, karena saat bayi mengalami fase oral, dia suka memasukkan tangannya ke dalam mulut, dan lotion bersifat toksin jika ditelan
4. Jangan mengoleskan lotion pada wajah, baik itu mulut, mata, lubang hidung dan telinga, karena kulit wajah lebih sensitive daripada kulit bagian tubuh lainnya
5. Gunakan lotion anti nyamuk secukupnya. Penggunaan lotion berlebihan (dioleskan dalam jumlah banyak) tidak meningkatkan keefektifan dalam menolak nyamuk
6. Jika bayi dan anak-anak menunjukkan gejala alergi terhadap lotion anti nyamuk, segera hentikan penggunaan, cuci kulit yang terkena lotion, dan segera temui dokter.

Sejauh ini belum pernah ada kasus yang membahayakan nyawa akibat pemakaian lotion anti nyamuk. Hanya saja untuk bayi perlu lebih hati-hati penggunaannya, karena kulit bayi sangat sensitive dan masih rentan. Sebisa mungkin gunakan lotion yang aman, atau cara-cara alami untuk menghindari gangguan nyamuk.

Ada beberapa saran yang mungkin lebih baik untuk mencegah nyamuk menggigit anak atau bayi kita.

1. Gunakan irisan sereh lalu dicampurkan dengan minyak kelapa atau minyak sayur hingga keluar aroma serehnya. Lalu simpan didekat dengan tempat tidur anak kita . Bisa diletakan disampingnya atau pada bagian dekat dengan kepada saat tidur.
2. Menggunakan kelambu untuk tempat tidurnya.

Lalu apakah aman juga menggunakan obat nyamuk elektrik?
Saran saya dan kebanyakan saran juga lebih baik di hindari. Karena aromanya juga kurang baik untuk napas anak kecil atau bayi.

Nah semoga bermanfaat ya mommy atas saran dan jawaban dari pertanyaan mengenai bolehkan anak kecil menggunakan lotion anti nyamuk untuk dewasas?.

Silahkan share sebanyak mungkin kepada member group atau keluarga agar mengentahui juga tips sederhana ini.

Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar